Cara Agar Routerboard Mikrotik Winbox kita Tidak Bisa di Akses atau di Remote Jarak Jauh dari Jaringan Luar

Langsung Viral dot com – Ini hanya yang baru Langsung Viral com pahami saja ya Om, jadi kalau masih keliru dan ternyata ada yang masih bisa menembus Jaringan Intern kita, maka kami mohon maaf, Lah wong sekelas Sistem Google saja masih ada yang bisa menembus kan, apalagi Langsung Viral yang hanya baru bisa mencatat ini itu ilmu Mikrotik nya. Heee.

Jadi cerita nya bagaimana caranya agar Routerboard Mikrotik kita tidak mudah dibajak / diakses oleh orang lain dari luar jaringan hotspot kita yang kurang atau tidak bertanggung jawab.

Langsung Viral com mendapatkan pemahaman ini adalah dari teman-teman yang lainnya yang lebih paham dan lebih senior dalam keilmuan mikrotik di Forum Group Mikhmon di Facebook, mohon maaf, waktu itu saya tidak mencatat orang nya / om nya.

Oke kita langsung ke cara setting nya, sebagai berikut :

1. Masuk ke Winbox

2. Masuk ke Menu IP – Services

3. Nah tinggal di Edit saja seperti Mikrotik punya nya Langsung Viral com.

Lihat gambar berikut ini :

Baiklah, Langsung Viral com. akan coba sedikit menerangkan apa yang Langsung Viral com sudah pahami (dari hasil dengar-dengar penjelasan orang lain jua), lagi-lagi jika masih keliru, maaf ya Om.

Yang penting-penting nya saja ya Om :

1. api : 8728 = itu buat lalu lintas mikhmon, jadi itu api kita aktifkan dengan nilai port 8728 agar mikhmon jadi lancar jaya.

2. api-ssl : 8729 = tidak kita aktifkan, lagian belum ngerti kita.

3. ftp : 21 = ini juga tidak kita aktifkan (File Transfer Protokol). Ah, belum kesana kita om

4. ssh : 1234 = ini juga belum paham kita. dinonaktifkan saja

5. telnet : 23 = dinonaktifkan juga

6. winbox : 9999 —- 192.168.10.0/24 — Keterangan : 192.168.10.0/24 adalah IP untuk mengakses Mikrotik kami, jadi mikrotik Langsung Viral com hanya bisa di akses dengan ip lokal tersebut (192.168.10.0/24). Jadi itu sama saja dengan cara kita memblokir orang lain yang Jauh dari luar jaringan kita disana, yang berusaha ingin masuk. begitu kira-kira om.

7. www : 80 —- 192.168.10.0/24 . Ini agar si Mikrotik kita bisa diakses dari Browser www, maksud nya meng akses mikrotiknya bisa dari Browser. Kita nonaktifkan saja lah, jadi mikrotik kita hanya bisa di akses dari Program Software Winbox (saja).

8. sss-ssl : 443 = belum tau untuk apa itu, ah dinonaktifkan saja lah om.

Demikian Catatan kali ini di posting. Sebenarnya ini catatan pribadi Tim Langsung Viral com saja om, ya buat pengingat kalau-kalau kedepan lupa, bisa melihat lagi catatan ini, Jadi bukan maksud menggurui karena Tim Langsung Viral com pun masih newbee dan masih terus belajar sana sini mencari Ilmu Mikrotik om. (LV – PP)

Tags: #Akses #Cara #Jarak Jauh #Jaringan #Luar #Mikrotik #Remote #Routerboard #WinBox