Kurator

by

Pengirim Artikel Berita untuk LangsungViral.com adalah disebut Kurator, bukan Wartawan, bukan Kolumnis, apa bedanya?

Perbedaan Antara Wartawan, Kolumnis dan Kurator :

Wartawan adalah orang yang mencatat kejadian dengan langsung mendatangi tempat kejadian perkara. Menuliskannya sesuai dengan apa yang diterangkan narasumber di lapangan. Wartawan tidak boleh menyisipkan pendapat/opini/argumen pribadi ke dalam tulisan artikel beritanya.

Kolumnis adalah mereka yang duduk di satu tempat yang bukan tempat kejadian perkara. Mereka mengomentari, memberikan pendapat, opini, kritik, saran dan lain sebagainya untuk kejadian suatu perkara.

Belajar Jadi Kurator Berita di Langsung Viral com, Apa itu Kurator Berita?

Kurator Berita adalah pekerjaan untuk membaca suatu berita dari banyak sumber berita, lalu mencatat hal-hal penting dari setiap sumber berita tersebut, kemudian ditulis ulang dengan menggunakan gaya bahasa tersendiri, menggabungkan pernyataan-pernyataan penting dari setiap sumber berita itu.

Sehingga, artikel yang dihasilkan oleh Kurator Berita adalah mewakili dari isi berita dari berbagai sumber.

Artikel dari kurator berita adalah dituntut untuk memiliki makna isi berita lebih kaya, mendalam, padat isi, tetapi tetap dengan penyajian artikel yang tidak panjang lebar, tidak bertele-tele, tidak mengulang-ngulang kata dan makna.

Artikel hasil dari Kurator Berita Harus Singkat, Padat dan Jelas.

Artikel Kurator Berita akan menjadi Lebih mudah dapat dipercaya oleh publik (masyarakat) karena merupakan artikel gabungan dari banyak sumber berita yang berbeda.

Kurator adalah mereka yang berada sedikit jauh dari keramaian tempat kejadian perkara. Para Kurator akan mengumpulkan, membandingkan, menganalisa suatu kejadian lewat berbagai sumber berita, lalu mencari titik berita paling kredibelnya, mereka tidak akan mudah percaya dengan hanya membaca suatu berita dari satu sumber saja. Mereka akan merangkum semua sumber lalu menarik benang merah di garis tengah. Setelah didapat lalu diinformasikan ke masyarakat sebagai suatu kesatuan berita yang padat isi dan makna. Biasanya berita yang dirilis oleh Kurator adalah lebih logis dan sangat bisa dipercaya karena memang hasil analisa gabungan berita sejenis yang diambil dari berbagai sumber.