by

Tips Sukses Bangun Portal Berita yang Hasilkan Uang dari Iklan

Calon Media Online Langsung Viral dot com – Siapa yang tidak mau mempunya Portal Berita yang Sukses seperti Detik com misalnya, banyak orang pada ingin sukses demikian, hanya sedikit orang yang mau dan bersedia menjalankan tahapan perjuangan menuju suksesnya, singkat kata, kebanyakan ingin enaknya saja. Ya begitulah.

Suatu Portal Web Berita yang sukses tentu saja ada lokomotif penggerak yang tangguh di behind the scene nya, baik itu berupa modal yang besar & kuat plus kegigihan pantang penyerah sang Manajemen, kedua itu adalah harus sinergi, tidak bisa misalnya pemilik modal semangat lalu manajemenya lemas, itu tidak mungkin berhasil atau sebaliknya.

Dengan demikian apakah artinya yang tidak punya modal besar akan sulit untuk sukses bangun Portal Berita? – ah, tidak juga, ada banyak jalan menuju untuk bagaimana agar endingnya adalah sama juga bisa sukses, apa saja itu? simak ulasan di bawah ini.

1. Semangat Juang Team yang Membara

Ya, pertama-tama semangat dulu. Untuk dipahami bahwa sekelas Detik com itu di dalamnya adalah kumpulan banyak sumber daya manusia, jadi bukan dikelola oleh seorang SDM, bisa cape di jalan dan ambruk jika dikelola sendirian. Disana adalah sistem kerja Team. Dan mereka sangat solid, pintar, antusias bin semangat. Itu adalah lokomotif utama, yang kemudian digenjot dengan pasokan bahan bakar yang cukup dari para pemilik modal, sehingga “Kereta Api” bisa terus beroperasi dengan baik dan lancar.

2. Visi Misi Jelas

Selain Semangat, kemudian, sebuah Portal Berita yang baik adalah memiliki visi misi yang jelas dan semua Tim wajib mengarah ke visi misi itu, jika tidak mau, orang tersebut dipersilahkan keluar untuk bergabung di media lain yang memang se visi misi dengannya. Itulah ketegasan. Dan jika suatu media online ingin sukses, ya harus begitu, sehingga nanti yang ada di Tim adalah benar-benar mereka yang se pemahaman – se visi misi – se Frekuensi.

3. Modal / Uang yang Cukup bahkan jika bisa Lebih

Ini tidak bisa dipungkiri, dimana-mana juga Uang itu sangat menentukan keberhasilan suatu organisasi. Dengan uang maka banyak orang dipaksa untuk mau taat peraturan yang super ketat dari tempat dia bekerja, karena kalau sedikit saja melenceng membangkang, maka dia akan dikeluarkan dari sana, sehingga uang yang cukup akan membuat pegawai menjadi dipaksa disiplin dalam pekerjaan-pekerjaannya.

5. SDM yang Hebat + Pintar + Cerdas + Bertakwa kepada Tuhan YME

Memang harus begini. Karena jika SDM nya saja tidak pandai, ya mana bisa sukses. Sehingga untuk sekelas Portal Berita Detik com misalnya, saya yakin didalamnya itu adalah memang dipenuhi oleh SDM / orang-orang yang Super Hebat semuanya, pintar-pintar, cerdas-cerdas, dan punya insting Bisnis Media yang canggih-canggih.

6. Fokus

Oh ya, FOKUS om. Ingat kata Jack Ma : “Jika ada sembilan kelinci di tanah, dan kamu ingin menangkap satu, fokus pada satu saja.”

7. Selalu Terbuka dengan Perkembangan Jaman dan Teknologi terbaru dan Mau Beradaptasi dengannya

Masih ingat Yahoo? – ada yang tahu mengapa Yahoo kalah oleh Google?

Terus, ada yang masih ingat NOKIA? – ada yang tahu mengapa NOKIA kalah oleh Samsung?

Nah, Perusahaan Portal Berita yang baik adalah mereka yang terbuka dan bisa beradaptasi dengan segala jenis perubahan dan perkembangan teknologi informasi.

Misalnya kalau jaman dulu, Media itu bergerak di jenis Surat Kabar Cetak, maka tentu saja sekarang kurang begitu relevan karena sudah ada media terbarukan seperti Website. Dan boleh jadi website www pun akan usang masa jaya nya, dan diganti dengan Dunia Metaverse misalnya. Nah, Perusahaan Media yang hebat adalah mereka terus mengikuti dan beradaptasi dengan perkembangan dan perubahan teknologi, jadi tidak akan terus mengurus Koran dalam bentuk cetak saja misalnya, tetapi ya tetap dipertahankan koran cetak jika toh masih ada peminat pelanggannya khan?

Firmansyah
Mahasiswa Universitas Terbuka – Bandung
Prodi Ilmu Komunikasi
Semester 4

Nih buat jajan

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Artikel terkait lainnya