by

Cara Setting Akun WiFi Hotspot Paket Rumahan Agar Auto Disable Setiap Tanggal 11 Bulan Berikutnya

TASIKMALAYA, LANGSUNG VIRAL DOT COM – Kebetulan saya mengelola beberapa Akun WiFi Paket Rumahan, dimana di peraturan pelanggan harus membayar uang iuran bulanan maksimal pada setiap tanggal 10 pukul 23.59.59. Jika tidak melunasi sampai maksimal tanggal 10, maka begitu masuk tanggal 11, Akun WiFi nya akan Otomatis masuk ke Mode Disable.

Nah, Cara Setting agar si Akun WiFi tersebut bisa otomatis masuk ke mode Disable pada saat tanggal dan waktu menunjukkan tanggal 11 pukul 00.00.01 (perhitungannya dengan interval 30 hari), settingannya sebagai berikut :

1. Kita setting dulu di IP – Hotspot – User, untuk si Nama Akun nya. Di set kolom komentarnya menjadi (misalnya sebagai berikut)

Ini contoh akun saya ya : jadi di keterangan komentarnya saya input kata2 : “rumahan-pipih

 

2. Lalu kita buat Schedule nya. Masuk ke menu System – Scheduler dan buatlah Scheduler baru dengan ketentuan sebagai berikut :

Name untuk Schedule : disable-rumahan-pipih
Start Date : Jun/11/2021
Start Time : 00:00:01
Interval : 30d 00:00:00
On Event :

/ip hotspot user disable [/ip hotspot user find comment="rumahan-pipih"];

 

Jadi dapat terlihat dengan jelas bahwa Akun WiFi Rumahan atas nama “Pipih” itu akan otomatis ter Disable pada tanggal 11 Juli 2021 nanti, satu bulan dari sekarang (sekarang kan tanggal 11 juni 2021).

Nah, bisa saja nanti tidak tepat tanggal 11 ter disable nya, karena patokannya adalah interval 30 hari, sedangkan dalam satu bulan itu kan tidak selalu 30 hari, ada 28, 29, 30 dan 31 hari. Maka agar menjadi pas kembali ke tanggal 11 di bulan dimaksud, maka kita tinggal edit saja (mainkan) tanggal di kolom isian start date nya, sehingga akan berubah berpengaruh ke Next Run nya. Jadi kita mainkan itu pokoknya hasilnya sampai si next run menjadi tanggal 11 bulan depan nya. Semoga paham.

Lalu bagaimana cara mengaktifkan atau Meng Enable kan kembali si Akun WiFi Paket Rumahan yang telah sukses ter disable (secara otomatis) oleh si sistem Scheduler?

Caranya tinggal di enable kan (secara manual) di menu : IP – Hotspot – tab User. Dengan cara : klik kanan si akun yang sedang ter disable tersebut, lalu pilih “Enable” pada menu yang muncul. Pastikan dulu orangnya sudah bayar untuk bulan dimaksud yaaa, baru di enable kan manual disana.

 

Demikian, semoga bermanfaat. (PP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait lainnya