by

Cara Setting Agar WiFi Mikrotik Otomatis Mati pada Jam-jam Tertentu

-Diluar Tema-305 views

TASIKMALAYA, LANGSUNG VIRAL DOT COM – Saya punya Warkop yang sudah ada Fasilitas WiFi Gratis nya. Arti Gratis disini adalah gratis bagi pengunjung yang telah melakukan transaksi pemebelian secangkir kopi dan atau makanan lainnya.

Dalam praktiknya saya memberikan gratisan wifi adalah selama 1 jam kepada setiap pengunjung yang datang, itu adalah setiap transaksi. Maksudnya ketika pengunjung membeli Minuman Yakult misalnya, maka kita akan kasih gratis wifi 1 jam. Kemudian pengunjung yang sama (yang tadi beli yakult) misalnya setelah satu jam berlalu dan wifi nya habis, lalu dia beli es juice, maka kita kasih lagi wifi gratis 1 jam karena telah membeli ice juice.

Pokoknya setiap kali transaksi pembelian, maka kita akan kasih wifi gratis 1 jam. patokannya adalah setiap satu kesatuan transaksi ya, walaupun hanya beli minuman mineral harga 1.000 (seribu rupiah) maka akan tetap kita kasih free wifi yang 1 jam.

Oke dalam kenyataannya terkadang kita harus membatasi Akses WiFi Mikrotik kita sehingga pada jam-jam tertentu maka wifi tidak bisa diakses oleh orang-orang. Misalnya pada Jam Belajar dan atau Jam Tidur.

Di Warkop Saya, WiFi akan otomatis mati ketika memasuki jam 10 malam (tiap hari), itu adalah dikendalikan oleh Sistem Mikrotik. Jadi saya tidak perlu repot-repot shutdown mikrotik atau mematikan saklar listrik yang mengarah ke Access Point sistem wifi warkop say, semua sudah serba otomatis by sistem mikrotik.

Sebagai contoh, berikut ini adalah Cara Setting Agar WiFi Mikrotik kita adalah Otomatis Mati pada antara Jam 22.00 s.d Jam 03.00 pagi hari (dini hari nya) :

1. Masuk ke Mikrotik

2. Lalu Anda pergi ke Menu “System” dan pilih sub menu Scheduler, maka akan tampil seperti berikut ini

3. Perhatikan yang saya beri kotak merah. Ada dua perintah yang digunakan disana yaitu :

– ether4 – TIDUR – WiFi OFF Jam 22-00
– ether4 – TIDUR – WiFi ON Jam 03-00

Saya akan menjelaskan satu-satu dari kedua perintah tersebut :

ether4 – TIDUR – WiFi OFF Jam 22-00

ether4 = saya menggunakan soket ether4 di mikrotik yang akan dipasangkan ke access point nantinya.

TIDUR – WiFi OFF Jam 22-00 = ini hanya identitas nama bahwa ini adalah fungsi schedule untuk Jadwal Tidur, dimana WiFi akan di OFF kan mulai jam 22.00.

Kemudian, ether4 – TIDUR – WiFi ON Jam 03-00. maksud ether4 adalah sama dengan diatas yaitu saya menggunakan ether4 mikrotik yang akan disambungkan ke perangkat access point nanti.

lalu ada kata “TIDUR – WiFi ON Jam 03-00”, itu adalah identifikasi saja bahwa WiFi akan di ON kan lagi mulai jam 03.00 dini hari.

Oke sekarang kita akan ke rumusnya.

Keterangan: saya tidak ada maksud menggurui, ini didapat dari para master mikrotik juga, saya hanya menyampaikan saja.

Saya anggap Anda adalah sudah bisa cara menambah item scheduler yang baru di mikrotik.

Rumus untuk Scheduler “ether4 – TIDUR – WiFi OFF Jam 22-00” yaitu perintah untuk mematikan wifi ether4 mikrotik (mendisablekan) ketika memasuki jam 22.00 adalah sebagai berikut :

/interface disable ether4

Coba samakan saja datanya seperti punya saya ini

Kemudian, Rumus untuk “ether4 – TIDUR – WiFi ON Jam 03-00” yaitu perintah untuk menghidupkan kembali (meng enable kan) si ether 4 mikrotik ketika waktu masuk jam 03.00 dini hari, sebagai berikut :

/interface enable ether4

Coba samakan dengan tampilan berikut ini :

Sekian semoga bermanfaat. (PP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait lainnya