by

Solusi HP Tidak Mendapatkan Akses Internet Padahal Sudah Terkoneksi ke Jaringan WiFi

TASIKMALAYA, LANGSUNG VIRAL DOT COM – Ini sebenarnya kasus yang jarang terjadi. Jadi ceritanya di WiFi Sistem Voucher di Warkop Salira ada HP pelanggan yang tidak mau connect internet nya, padahal sudah login dan benar mengisikan kode vouchernya.

Lalu saya cek di mikrotik di IP – Hotspot – tab Active, juga sudah ada data dia dan sedang berjalan. Tapi di hp dianya tidak ada koneksi Internet.

Nah begitu kasusnya.

Alhamdulillah hal demikian sudah ada solusinya yaitu dengan cara memberikan IP address static untuk si HP tersebut, caranya :

1. Kita masuk ke IP – ARP. Nah disana kita cari data si hp dia berdasarkan mac-address hp dia. Kalau sudah ketemu tinggal rubah saja IP nya ke IP baru yang belum digunakan di jaringan kita saat itu.

Contoh saya memasukkan ip 10.10.0.150, padahal sebelumnya si hp itu menggunakan ip 10.10.0.90.

Nah nanti si data 10.10.0.150 kita make static kan. tandanya sudah static ip adalah kodenya jadi C

Lihat gambar berikut :

Nah nanti kan di tampilan ARP itu jadi ada double ip untuk hal si mac addrss si hp itu. ya tinggal Remove saja si data ip lama nya. Dalam hal ini saya remove si data ip “10.10.0.90”.

2. Setelah itu, tinggal di set saja di HP orangnya jadi static ip. Caranya bisa masuk ke settingan WiFi nya. disana akan ada pilihan static ip, nah kita static kan saja – di isi jadi ip static yang sudah kita tentukan di ARP Mikrotik, dalam contoh saya adalah ip 10.10.0.150.

3. Lalu di Non Aktifkan Sistem WiFi di HP itu. Lalu Matikan Total si HP nya. Di shutdown si HP nya. Biarkan dulu dalam posisi mati si hp nya.

4. Nah, ketika si HP dalam posisi mati, langkah selanjutnya kita hapus semua data yang terkait dengan HP tersebut (cari saja berdasarkan mac address si hp itu). yaitu data-data di Mikrotik kita :

– IP – Hotspot – (tab) Host

– IP – Hotspot – (tab) Cookies

– IP – DHCP Server – (tab) Leases

5. Sudah beres, coba nyalakan lagi HP nya dan coba mengakses si WiFi Warkop Voucheran kita nya. Nanti akan muncul login page. Isi pakai voucher baru saja. Jadi data voucher yang error sebelumnya hapus saja lah, artinya kita kasih saja voucher baru (voucher pengganti) untuk meminimalisir data nyangkut.

Insya allah berhasil. Soalnya di saya juga berhasil om.

6. Kalau berhasil, nanti di bagian IP – DHCP Server – (tab) Leases ; itu tidak akan tampil data si HP dia, karena status IP nya sudah static. Sehingga Data HP tersebut bisa dicek di IP – ARP.

Catatan HP yang di static kan IP nya itu adalah : HP Vivo Jadul. Kata om-om yang lain sih itu karena Jadul nya itu, Sistem WiFi nya sudah kurang kompatible, karena HP-HP lain baik-baik saja kok.

Demikian, semoga bermanfaat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait lainnya