by

Kumpulan Istilah Penting di Universitas Terbuka UT

TASIKMALAYA, LANGSUNG VIRAL DOT COM – Ini adalah kumpulan data yang sangat penting untuk diketahui dan dipahami, khususnya oleh para Mahasiswa Universitas Terbuka. Tetapi jika Anda bukan Mahasiswa Universitas Terbuka juga boleh saja mengetahui informasi ini.

Data ini terus di update secara berkala. Jadi jika ada info baru terkait UT yang mengandung istilah baru, maka saya akan mengupdate nya di post ini dan akan diberitahukan di bagian akhir post ini tentang tanggal terakhir update nya.

Perkenalkan saya Pipih Pirmansyah, Mahasiswa Universitas Terbuka UT, Program Studi : Ilmu Komunikasi. Awal Saya masuk UT adalah pada 2020.2 (jadi pada semester Genap). Saya masuk UPBJJ-UT Bandung. Saya domisili di Singaparna Tasikmalaya, Jawa Barat.

Jika teman-teman punya info istilah baru dunia UT, silakan chat WA saya di 08-5353-99-4262.

Berikut ini adalah Kumpulan Istilah Penting di Universitas Terbuka UT :

1. UT Pusat : Universitas Terbuka (Alamatnya lengkapnya ada di Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten, 15437) – https://www.ut.ac.id

2. PTTJJ : Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh

3. UPBJJ-UT : Unit Program Belajar Jarak Jauh – Universitas Terbuka. Ini adalah Cabang UT untuk Tiap Kota Besar, misalnya ada UT Bandung, UT Jakarta, UT Surabaya dan lain-lain. Data lengkapnya ada di https://www.ut.ac.id/upbjj-ut/alamat

4. Pendas : Pendidikan Dasar (Ini adalah khusus untuk Penamaan Jurusan PGSD dan PGPAUD) – http://fkip.ut.ac.id/

5. Non Pendas = Non Pendidikan Dasar (Nah, Semua Jurusan selain PGSD dan PGPAUD, itu masuk ke Non Pendas) : Jurusan-jurusan yang masuk ke Non Pendas itu adalah : FST (http://fst.ut.ac.id), FE (http://fe.ut.ac.id), FHISIP (http://fhisip.ut.ac.id).

6. SKS : Sistem Kredit Semester (Adalah istilah untuk Beban Studi Suatu Mata Kuliah yang harus Ditempuh oleh Mahasiswa) – https://www.ut.ac.id/sistem-pembelajaran

7. UKT : Uang Kuliah Tunggal (Ini adalah Uang Kuliah yang di bayarny pada setiap Semester tanpa tambahan hal lainnya).

8. SIPAS : Sistem Paket Semester (Adalah salah satu sistem registrasi / pendaftaran di UT, dimana ini sudah satu paket mata kuliahnya, jadi kita tidak perlu lagi memilih-milih mata kuliah karena sudah ditentukan dari UT nya plus TTM. Dan itu sudah berikut dikasih bahan ajar / modul cetaknya, catatan: untuk TTM, syaratnya minimal 25 mahasiswa per kelas).

9. Non Sipas : Non Sistem Paket Semester (Adalah salah satu sistem pendaftaran di UT dimana kita sendiri yang harus menentukan memlih mau ambil mata kuliah apasa saja dalam semester tersebut, bayarnya per SKS).

10. TBO Karunika : Toko Buku Online Karunika (Adalah Toko Buku nya UT, disana jualan Buku Cetaknya, ya untuk Mahasiswa Non Sipas itu belinya disana, dipesan secara online – ya persis kita beli buku online lah – tapi ada berbedaan harga anatar harga ke Mahasiswa UT dengan harga ke Umum. Lebih murah harga ke mahasiswa UT tentunya. Alamat nya di http://tbo.karunika.co.id/ )

11. BMP : Buku Materi Pokok (modul / bahan ajar / buku khusus mahasiswa UT, dalam bentuk Cetak, ada juga sih yang versi PDF nya dan bisa diakses gratis oleh semua Mahasiswa UT)

12. LIP : Lembar Informasi Pembayaran (biasa juga disebut billing, ini adalah lembaran tagihan yang harus kita bayar dalam dalam satu semester, kalau saya kemarin bayarnya ke Teller Bank BRI Langsung sambil bawa itu hasil print out si lembaran LIP ini, tinggal tunjukan ke teller, nanti teller nya pun akan paham kok)

13. LDP : Lembar Data Pribadi (adalah lembar atau halaman identitas diri, untuk mahasiswa baru. biasanya ada di sia.ut.ac.id jika daftarnya secara mandiri online. Atau bisa saja dapatnya dari UPBJJ tempat mahasiswa itu mendaftar. Kalau saya karena kemarin daftarnya secara sendiri mandiri dan online melalui sia.ut.ac.id maka lembaran itu ada di halaman sia.ut.ac.id sih udh termasuk KTM sementara, saya print saja buat data pegangan saya).

14. KTM Sementara : Kartu Tanda Mahasiswa Sementara (ini dapatnya di sia.ut.ac.id juga jika daftarnya sendiri secara online. Ini adalah tanda pengenal kalau kita mahasiswa UT yang masih sementara sebelum kita memperoleh KTM-e)

15. KTM-e : KTM-elektronik (KTM resmi yang multifungsi yang bisa jadi ATM katanya, ya saya juga belum dapat sih jadi tidak bisa bicara lebih, baru sebatas katanya)

16. NIM : Nomor Induk Mahasiswa

17. SUO : Sistem Ujian Online (Ini adalah Solusi jika ada mata kuliah yang jadwal ujian fisik nya bentrok, maka ada ujian susulan secara online dengan SUO ini)

18. TAP : Tugas Akhir Program (Ini adalah ujian komprehensif khas UT berbentuk Uraian, ada persyaratan tertentu supaya bisa ikut TAP, salah satu syarat untuk lulus dari UT, biasanya berhubungan dengan Nilai)

19. KARIL : Karya Ilmiah (Kalau di Universitas lain ada Skripsi, nah di UT itu tidak ada Skripsi, tapi diganti dengan KARIL)

20. Tuton : Tutorial Online (kuliah secara online) – https://elearning.ut.ac.id/

21. Inisiasi : Pertemuan Tuton (misalnya inisiasi 1 artinya pertemuan pertama), juga suka disebut Sesi (Sesi 1, 2 s.d Sesi 8) – artinya Tuton itu ada 8 pertemuan / 8 Inisiasi / 8 Sesi.

22. TTM : Tutorial Tatap Muka (kuliah langsung ada dosennya, setiap sabtu-minggu, tapi tidak semua mata kuliah di TTM kan)

23. TTM Wajib : TTM Wajib (TTM apabila mengambil sistem regis SIPAS)

24. TTM Atpem : TTM Atas Permintaan Mahasiswa (TTM yang diadakan atas permintaan mahasiswa non SIPAS yang menginginkan suatu mata kuliah di TTM kan, syarat minimal 20 orang)

25. TMK : Tugas Mata Kuliah. Itu diperuntukan untuk Mahasiswa yang tidak ikut Tutorial Online (Tuton), atau bagi mahasiswa yang sudah aktivasi tuton tapi LUPA belum ngisi Kesediaan Mengikuti Tuton, TMK juga berlaku buat Mahasiswa yang tidak mengikuti Webinar (Tuweb) – Catatan: pada masa Cobid-19 ini, TTM (Tutorial Tatap Muka) diganti sama Webinar (Tuweb). – https://tmk.ut.ac.id/ – username: pake NIM masing-masing (contoh: 021652125) — pass: tgl/bulan/thnklahir (contoh: 13/07/1990 ).

26. Dry Lab : Simulasi Praktikum secara online

27. RBV : Ruang Baca Virtual (Perpus online UT punya) – http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/rbv/ – user : NIM (12345678) – pass : tgl lahir – ddmmyyyy (08091980) keterangan: user name dan password sama dengan TUTON

28. BA Digital Basis Android : Bahan Ajar Digital. Download di Playstore. Nanti buku yang muncul akan sesuai dengan matakuliah yang di ambil masing-masing mahasiswa. Username : NIM@ecampus.ut.ac.id (12345678@ecampus.ut.ac.id) – Pass : UtTanggalLahir contohnya (Ut08091990)

29. BA Digital Basis Web : Bahan Ajar Digital. (buku yang muncul sesuai matakuliah yang di ambil) – http://bahanajar.ut.ac.id/ – Username : NIM@ecampus.ut.ac.id (12345678@ecampus.ut.ac.id) – Pass : UtTanggalLahir contohnya (Ut08091990)

30. LM : Latihan Mandiri (kumpulan soal soal yang berguna untuk belajar buat UAS) – https://lm.ut.ac.id/ – No User name password

31. KTPU : Kartu Tanda Peserta Ujian (syarat mengikuti ujian selain menunjukkan KTM-e/sementara)

32. UAS : Ujian Akhir Semester (ujian yang dilakukan tiap semester)

33. LJU : Lembar Jawaban Ujian (lembar jawaban untuk soal pilihan ganda)

34. BJU : Buku Jawaban Ujian (lembar jawaban untuk soal uraian)

35. DNU : Daftar Nilai Ujian (hasil nilai mata kuliah setiap semester)

36. LKAM : Lembar Kemajuan Akademik Mahasiswa (nilai ujian seluruh mata kuliah dan IPK yang telah di peroleh mahasiswa)

37. IPK : Indeks Prestasi Kumulatif

38. Wisuda : (penanda tamat studi mahasiswa yang dilaksanakan di UT Pusat berlokasi di pondok cabe, pesertanya adalah perwakilan dari seluruh cabang UT yang ada di Indonesia dan Luar negeri)

39. UPI : Upacara Penyerahan Ijazah (sejenis wisuda di laksanakan di seluruh cabang UT, kalo di UT jakarta biasanya di TMII)

40. IVR : Interactive Voice Recorder (salah satu layanan informasi UT via telefon)

41. OSMB = Orientasi Studi Mahasiwa Baru (pengenalan tentang UT untuk mahasiswa baru, sejenis OSPEK UT gitu) – Catatan: pas Covid-19, kegiatan OSMB nya dilakukan secara daring yaitu pakai Microsoft Team. – https://mahasiswa.ut.ac.id/osmb

42. PKBJJ = Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh. Mirip dengan OSMB sih. Catatan: pas Covid-19, kegiatan PKBJJ nya dilakukan secara daring yaitu pakai Microsoft Team.

43. PKM = Program Kreatifitas Mahasiswa atau Pemantapan Kemampuan Mengajar

44. PKP : Pemantapan Kemampuan Profesional

45. LKTM : Lomba Karya Tulis Ilmiah (lomba antar fakultas/UT setiap tahun)

46. Mawapres : Mahasiswa Berprestasi

47. KBM : Kelompok Belajar Mahasiwa (sekelompok mahasiswa belajar bersama jika mengalami kesulitan memahami mata kuliah, biasa dikenal dengan pokjar / kelompok belajar)

48. UKM : Unit Kegiatan Mahasiwa (sejenis ekskul di UT)

49. IKA UT : Ikatan Keluarga Alumni Universitas Terbuka – https://www.ut.ac.id/alumni

50. MKKU : Mata Kuliah Kompetensi Utama

51. MKKP : Mata Kuliah Kompetensi Pendukung

52. BAAPM : Biro Administrasi Akademik, Perencanaan dan Monitoring

53. LPBAUSI : Lembaga Pengembangan Bahan Ajar, Ujian dan Sistem Informasi

54. Pokjar : Kelompok Belajar. Contoh karena saya orang singaparna, tasikmalaya, maka saya ikutan Pokjar nya si Singaparna. Sebenarnya boleh-boleh saja saya orang Singaparna Tasikmalaya, tapi ikutan pokjar nya ke Pokjar Ciamis (Kabupaten sebelahnya Tasikmalaya), tapi kan nanti ngambil buku dll nya agak jauh harus ke Ciamis.

55. UO : Ujian Online – https://mahasiswa.ut.ac.id/ujian-online

56. KA : Kalender Akademik – ini penting – https://www.ut.ac.id/kalender-akademik

57. Pelma : Pelayanan Mahasiswa

58. PPs : Program Pascasarjana (pendidikan S2 di UT)

59. Puslata : Pusat Layanan Pustaka. Perpustakaan UT

60. FE : Fakultas Ekonomi (terdiri dari jurusan ekonomi pembangunan, manajemen, dan akuntansi) – http://fe.ut.ac.id/

61. FHISIP : Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (terdiri dari jurusan (1) ilmu administrasi, (2) ilmu komunikasi, dan (3) ilmu sosial, hukum dan humaniora) – http://fhisip.ut.ac.id/

62. FKIP : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (terdiri dari jurusan pend. B.indo, pend b.inggris, pend matematika, pend biologi, pend fisika, pend kimia, pend ips, pend ppkn, pend ekonomi) – http://fkip.ut.ac.id/

63. FST : Fakultas Sains dan Teknologi (terdiri dari jurusan matematika, statistika, agribisnis, biologi, teknologi pangan, perencanaan wilayah dan kota, dan sistem informasi). – http://fst.ut.ac.id/

Last Update : 16 Oktober 2020.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait lainnya