by

Cara Setting Aplikasi “Server for PHP” Agar Aplikasi “Mikhmon” di HP Bisa Berjalan

TASIKMALAYA, LANGSUNG VIRAL DOT COM – Fungsi dari Aplikasi “Server for PHP” adalah agar Aplikasi Mikhmon for HP bisa berjalan.

Sebenarnya Aplikasi “Server for PHP” ini adalah opsi pilihan kedua dari Aplikasi yang direkomendasikan oleh Pencipta Mikhmon yaitu Aplikasi Termux. Hanya saja saya sendiri lebih memilih Aplikasi “Server for PHP” daripada Aplikasi Termux, mengapa?

Karena setelah saya jalankan dan rasakan dengan aplikasi Termux itu kalau HP kita di restart, maka Termux nya jadi OFF, dan kita harus aktifkan lagi Termux nya agar ketika menjalankan Mikhmon di HP, mikhmon bisa terbuka. Jadi harus ada acara mengaktifkan lagi termux nya.

Tetapi di Aplikasi “Server for PHP” kita bisa setting agar aplikasi “Server for PHP” tersebut menjadi Auto Run ketika HP kita ON lagi.

Ya mungkin saya saja sih yang belum mengetahui settingan Termux nya agar si aplikasi Termux tersebut bisa Auto Run ketika HP di Restart.

Nah, karena saya belum menemukan solusi untuk Termux agar bisa Auto Run ketika HP kita mulai aktif lagi setelah di restart, maka saya memilih Aplikasi “Server for PHP” saja (saya tidak mau repot sih).

Oke jadi di post ini saya akan menunjukkan Urutan untuk Bagaimana Cara Setting Aplikasi “Server for PHP” di HP kita agar Aplikasi “Mikhmon” di HP kita itu Bisa Berjalan.

Jadi si Aplikasi “Server for PHP” itu adalah untuk menjalankan Server Local nya Mikhmon di HP. Itu sama saja dengan di PC misalnya kita mengenal Apache dan Program program lain di PC yang fungsinya untuk menjalankan Server PHP Local di PC / Laptop kita itu. Nah kalau untuk HP maka ada yang namanya aplikasi “Server for PHP” (walau sebenarnya bukan ini saja sih. banyak sekali aplikasi sejenis. tapi saya milihnya kebetulan yang ini “Server for PHP”).

Baiklah om, ini langkah-langkahnya :

1. Download dulu aplikasi “Server for PHP” dari Situs apkpure.com Disini om – Jangan nyari di Playstore ya, karena tidak akan ketemu, aplikasi tersebut sudah tidak dikembangkan lagi soalnya.

2. Install di HP om si aplikasi “Server for PHP”

3. Selanjutnya, kalau aplikasi Server for PHP sudah om Install, om Copas si File Instalasi Mikhmon ke folder yang benar letak foldernya.

Lihat gambar berikut ini, jangan sampai salah nyimpen om, si file mikhmon nya. Harus sesuai dengan contoh saya ya.

Ini dia

Ingat, nyimpennya harus di Folder …\Phone\www\public (jangan di tempat lain, nggak bakalan jalan nanti mikhmon nya).

Nah, di dalam Folder public tersebut itu ada file-file mikhmon. yang memang sudah om dapatkan khan itu file dari sumber nya disini https://laksa19.github.io/ (saya tidak bahas itu.

saya anggap om sudah paham cara download ngambil file instalasi mikhmon tsb). Intinya om harus tempelkan / taruh itu file2 mikhmon nya di folder …\Phone\www\public – Oke.

4. Setelah itu Om buka aplikasi “Server for PHP”. lalu setting si aplikasi tersebut, sama persis kan saja dengan punya saya – agar mengurangi pusing.

ini dia :

5. Sudah om, tinggal panggil Aplikasi Mikhmon nya. Lalu di setting. Cara setting mikhmon di HP pada intinya begini om :

– Masuk mikmon pakai user password punya om. ingat ini bukan password mikrotik ya, tapi password buat masuk mikhmon. kalau user passwordnya belum dirubah ya mengikuti user password sebagaimana di web nya om laksa.

– Klik add router. lihat gambar di bawah ini

– lalu isi datanya sesuai data di mikrotik om.

contoh punya saya nih :

Session Name : di isi bebas mau apa saja itu cuma nama sesi di aplikasi mikhmon ini

IP Mikrotik : saya isi dengan 192.168.100.4 karena data mikrotik saya memang demikian. lihat gambar berikut ini :

Username dan password : itu harus sama dengan username yang di buat di mikrotik.

kan punya saya begini di mikrotiknya :

Hotspot Name : Bebas itu, mau dikasih nama apa saja bebas

Lanjut

DNS Name : itu harus sama dengan di mikrotik

kan punya saya begini

yang lainnya samakan saja dengan punya saya

Nah hasilnya akan kaya begini. gambar di bawah ini

Sudah beres om. Jangan lupa di SAVE untuk setiap perubahan settingan tersebut ya.

Coba test panggil Mikhmon di HP om tsb lalu login. Semoga berhasil.

Jika ada kendala, WA saya saya ngobrol di WA : 08-5353-99-4262.

Demikian dan terimakasih.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait lainnya