by

Tutorial Cara Membayar Uang Perkuliahan Universitas Terbuka (UT)

TASIKMALAYA, LANGSUNG VIRAL DOT COM – Sampai dengan saat ini (20/8/2020), untuk membayar uang kuliah di UT Universitas Terbuka bisa dilakukan di beberapa Bank Milik Pemerintah, yaitu BRI, MANDIRI, dan BANK BTN. Tentunya saya yakin kedepannya akan lebih banyak lagi opsi untuk bisa membayar Biaya Kuliah UT. kita simak saja perkembangannya ya kawan-kawan.

Informasi ini bersumber dari selebaran post di Media Sosial UT, termasuk dari Group WhatsApp UT yang tersebar di banyak group perwakilan UT.

Saya sengaja menginformasikan ulang di Blog saya ini Langsung Viral dot com dengan harapan semoga bisa membantu teman-teman Mahasiswa Universitas Terbuka yang sedang kesulitan tentang mendapatkan informasi bagaimana cara membayar uang kuliah UT Universitas Terbuka.

Artikel ini adalah sudah saya edit ulang sedemikian rupa, tetapi tetap menjunjung tinggi dari tujuan dan makna tulisan aslinya.

Baiklah, inilah Tutorial Bagaimana Cara Untuk Membayar Uang Kuliah / Perkuliahan di Universitas Terbuka (UT) :

I. CARA MEMBAYAR UANG BIAYA PERKULIAHAN UNIVERSITAS TERBUKA MELALUI ATM BRI :

1. Print lah Lembar Informasi Pembayaran (LIP) / Billing Registrasi yang teman-teman peroleh dari UPBJJ-UT, atau saat teman-teman selesai mengisi Registrasi Pendaftaran Online di sia.ut.ac.id

2. Pergi ke ATM BRI, lalu Masukkan kartu ATM BRI teman-teman

3. Masukkan PIN teman-teman

4. Kemudian, Pilih menu JENIS TRANSAKSI, lalu pilihlah Menu PEMBAYARAN

5. Selanjutnya, pilih menu TRANSAKSI PEMBAYARAN, dan pilihlah PENDIDIKAN

6. Tekan Next, pilihlah PEMBAYARAN PENDIDIKAN, ketiklah kode UT yaitu (009) dan nomor Informasi Pembayaran (nomor billing punya teman-teman yang ada di lembaran LIP yang tadi teman-teman print. lalu lakukan cross check data di layar mesin ATM, jika nomor Informasi Pembayaran sudah sesuai dengan LIP, Tekan BENAR.

7. Nah, nanti, Jika nomor Informasi Pembayaran yang dimasukkan telah benar maka akan muncul rincian tagihan sesuai dengan Nomor Informasi Pembayaran mahasiswa. Periksa dengan saksama rincian tagihan yang akan dibayar, apakah sesuai dengan LIP/Billing. Jika ya, maka klik pilihan YA untuk PROSES PEMBAYARAN.

8. Setelah PROSES PEMBAYARAN selesai, akan muncul konfirmasi bahwa transaksi telah berhasil. Jika ingin melanjutkan transaksi yang lain, tekan tombol YA, jika tidak tekan tombol TIDAK untuk mengakhiri pembayaran. Silakan mengambil RESI TRANSAKSI dan sesegera mungkin bukti RESI TRANSAKSI tersebut DIFOTOKOPI, karena tulisan pada RESI TRANSAKSI akan hilang dalam waktu beberapa hari. Steples/gabungkan dengan lembar LIP/Billing

II. CARA MEMBAYAR UANG BIAYA PERKULIAHAN UNIVERSITAS TERBUKA MELALUI ATM BANK MANDIRI :

1. Menerima Lembar Informasi Pembayaran (LIP/Biling) dari UPBJJ-UT (atau itu bisa didapat dari hasil print – dari aksi teman-teman Registrasi Online di sia.ut.ac.id

2. Masukkan kartu ATM Mandiri teman-teman

3. Ketik PIN ATM punya teman-teman

4. Pada MENU UTAMA pilih “Pembayaran/Pembelian”

5. Pada menu “Pembayaran/Pembelian” pilih menu “Multi Payment”

6. Ketik kode perusahaan/institusi – untuk UT Universitas Terbuka, ketik “10061” , jika benar pilih “Benar”

7. Masukkan/ketik Nomor Informasi Pembayaran yang diperoleh dari UPBJJ pada NOMOR BILLING. Setelah itu pilih nomor 1 untuk item pembayaran.

8. Kemudian, muncul konfirmasi nama pembayar dan jumlah pembayaran. Cek dulu apakah data yang tadi teman-teman input sudah benar apa ada yang keliru, Jika sudah benar pilih “YA”.

9. Nanti secara Otomatis bukti transaksi akan tercetak dari mesin ATM Mandiri. Segera FOTOKOPI bukti transaksi tersebut, karena tulisannya mudah pudar/hilang dalam beberapa hari. Dan gabungkan/steples dengan lembar LIP/Billing supaya tidak hilang.

III. CARA PEMBAYARAN UANG BIAYA PERKULIAHAN UNIVERSITAS TERBUKA MELALUI ATM BANK BTN :

1. Silahkan cetak/buat Lembar Informasi Pembayaran (LIP) dari UPBJJ-UT,

2. Masukkan kartu ATM BTN teman-teman, kemudian

3. Masukkan PIN teman-teman

4. Silakan pilih jenis BAHASA LAYANAN

5. Silakan pilih menu TRANSAKAI LAINNYA

6. Selanjutnya muncul menu PILIH TRANSAKSI PEMBAYARAN. Pilihlah MULTI PAYMENT

7. Selanjutnya akan muncul MENU PEMBAYARAN MULTI PYMENT. Pilihlah PENDIDIKAN

8. Masukkan KODE INSTITUSI dan KODE PEMBAYARAN. Untuk Kode Institusi Universitas Terbuka adalah 0115.

Dan untuk KODE PEMBAYARAN nya sebagai berikut :

– 101 = SPD BIAYA PENDIDIKAN PENDAS

– 102 = SPD BIAYA PENDIDIKAN NON PENDAS

– 104 = OSM OSMB

– 105 = WSD WISUDA

– 106 = TTM TTM ATPEM

– 107 = LKM

– 108 = AKU ALIH KREDIT DARI UT

– 109 = TAP BIAYA PENDIDIKAN TAP

– 112 = UPI UPI

– 114 = APS ADMINISTRASI PPS

– 115 = PIZ IJAZAH

– 116 = KTM KTM

– 117 = AKN ALIH KREDIT NON UT

– 118 = BRP BERKAS REG PERTAMA

– 119 =BRT BERKAS REG TAP

7. Masukkan/ketik NOMOR INFORMASI PEMBAYARAN / Nomor Billing (20 digit).

8. Pilihlah jenis rekening teman-teman untuk pembayaran.

9. Selanjutnya akan muncul KONFIRMASI PEMBAYARAN BIAYA PENDIDIKAN. Perhatikan NAMA, NOMOR SISWA/MHS (nomor informasi pembayaran), INSTITUSI, jenis PEMBAYARAN, dan JUMLAH. Jika sudah tepat/sesuai, tekan tombol “BENAR”.

10. Jika memiliki lebih dari satu rekening di bank BTN akan muncul PILIH REKENING PEMBAYARAN teman-teman. Pilih salah satu rekening saja.

11. Jika transaksi sukses akan muncul TRANSAKSI SUKSES SILAKAN AMBIL RESI teman-teman.

12. Ambilah resi/struk yang keluar dari mesin ATM dan segera di FOTO KOPI, karena tulisan yang tercantum/tertera pada resi/struk mudah hilang. Steples/gabungkan dengan lembar LIP/Billing supaya tidak hilang!

Demikian, Blog saya hari ini, semoga bermanfaat. ( Pipih Pirmansyah – Mahasiswa Universitas Terbuka – Ilmu Komunikasi S1 ).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait lainnya