by

Tips Bagaimana Cara Membangun Ruang Kerja yang Benar-benar Bebas Debu

TASIKMALAYA, LANGSUNG VIRAL DOT COM – Saya yakin semua orang pasti mendambakan sebuah ruangan kerja yang bersih dari debu. Tetapi pada kenyataannya memang tidak mudah menciptakan ruang kerja yang bebas debu. Walau sudah memakai AC (Air Conditioner), tetap saja debu ada yang nempel di dalam ruangan ber AC.

Darimana asalnya Debu dalam ruangan kerja?, ada beberapa sumber sih : (1) Debu bisa masuk dari sedang terbukanya Pintu Masuk ruangan kerja kita, yaitu debu secara tidak sengaja ikut masuk ketika ada orang masuk ke ruangan tersebut. (2) Bisa juga debu masuk lewat loster ruangan, yang memang jarang orang sangka-sangka. (3) Juga dari sela-sela Pintu Masuk dan sela jendela. (4) Ketika Pintu terbuka saat orang masuk ruangan. Intinya kenapa bisa ada debu di ruangan adalah karena ada terdapat celah akses masuk debu ke ruangan itu.

Lalu bagaimana caranya agar celah masuk debu ke dalam ruangan bisa di minimalisir sekecil mungkin, sehingga peluang debu masuk ke dalam ruangan kerja menjadi lebih kecil peluang masuk debu nya?

Caranya (salah-satunya) adalah dengan mengatur sistem Keluar Masuk Udara ke ruangan tersebut. Untuk Udara Masuk sebaiknya tidak melalui loster atau jendela yang dibukakan atau sejenisnya, tapi usahakan udara masuk adalah melalui lobang paralon ukuran 5 inci sebanyak 3 buah (misalnya).

Lalu di tengah paralon tersebut ada semburan air dengan menggunakan pompa aquarium, yang fungsinya adalah untuk menyaring udara yang akan masuk ke dalam ruangan melalui paralon itu. Jadi dengan semburan uap air (dari hasil pompa aquarium itu) maka diharapkan debu dan juga kotoran yang terbawa terbang bersama udara yang akan masuk ke dalam ruangan menjadi jatuh karena terikat oleh uap air, sehingga udara yang masuk akan lebih bersih – lebih terbebas dari debu karena debu nya sudah jatuh terbawa / terikat / tertangkap oleh semburan air dan jatuh ke bawah misalnya air dari paralon inlet itu disalurkan ke kolam. Suhu udara yang masuk ke dalam ruangan juga akan adem karena udara sudah bercampur dengan partikel uap air.

Jangan lupa untuk memasang saringan di pas paralon dalam ruangannya, khawatirnya nanti ada masuk binatang dan atau lain sebagainya ke dalam paralon udara tersebut.

Kemudian untuk di ujung dinding sebrangnya (dalam ruangan kerja kita), kita harus pasang juga tiga buah paralon 5 inci juga untuk menarik udara dari dalam ruangan ke luar ruangan. Begitulah konsepnya. Jadi udara yang masuk ke dalam ruang kerja itu lewat 3 paralon yang di filter oleh semburan air pompa aquarium (agar udara tambah bersih karena debu menjadi tertangkap oleh uap air dan jatuh, tidak ikut ke dalam ruangan), lalu udara yang sudah ada dalam ruangan (yang dibawa oleh paralon inlet tadi) kemudian akan keluar melalui paralon outlet. Nah di ujung paralon outlet itu kita pasang kipas angin yang si hembusan anginnya mengarah ke luar. Jadi udara dari dalam ruangan akan ditarik oleh si kipas angin yang ada di ujung paralon outlet tersebut.

Maka dengan cara simple demikian, udara akan tetap bersih dan segar dalam ruangan kerja kita. Oh ya pastikan juga ada saringan di dalam ruangan untuk paralon outlet tersebut, persis saringan paralon inlet ya.

Lalu, pastikan semua jendela kaca adalah dengan sistem paten, tidak bisa dibuka tutup, jadi patenkan saja untuk jendela. Hanya Pintu Masuk saja yang bisa dibuka tutup, itupun si pinggir pintu harus dikasih Busa dan Karet agar ketika pintu sedang dalam posisi tertutup, maka tidak ada udara yang bercampur debu yang bisa masuk lewat sela-sela pintu masuk itu.

Jadi udara yang diizinkan masuk ke dalam ruangan kerja adalah hanya udara yang bersumber dari udara hasil di olah, disembur oleh uap air hasil semburan pompa aquarium yang ada di paralon inlet. Lalu udara yang ada dalam ruang kerja, hanya akan bisa keluar dari ruangan kerja melalui paralon outlet yang memang telah dibantu dipasang kipas angin yang hembusan udaranya mengarah ke luar ruangan, yaitu fungsi si kipas angin yang ada di ujung paralon outlet itu adalah untuk menyedot udara yang ada dalam ruangan kerja ke luar ruangan.

PENTING : Oh ya, satu lagi, usahakan ada kipas angin yang udaranya mengarah ke pintu masuk, yang berfungsi untuk menghalau / mengusir udara yang masuk via pintu masuk (yaitu ketika si Pintu Masuk itu terbuka karena pas kebetulan ada orang masuk ruangan).

Saya yakin, ruangan kerja kita akan sangat bersih dan lebih terbebas dari debu lalu udara senantiasa segar, tidak gerah karena suhu udara yang masuk ke dalam ruangan adalah sudah bercampur dengan partikel air, sehingga ruangan kerja akan adem, sejuk, tidak akan terasa gerah ke kita dan kita tidak perlu ada AC lagi.

Rekomendasi :

Untuk kebutuhan Exhaust Fan, Teman-teman bisa membeli SEKAI Kipas Angin Exhaust Fan MVF 893 di Bukalapak, tepatnya di Pelapak “Sumber Rezeki” Jakarta Pusat. Harganya lumayan murah ekonomis yaitu Rp. 131.120,- per pcs nya. Itu adalah Kipas Angin Exhaust Fan dengan Saluran Udara 20 cm (8″), dengan Daya 30 watt, kemudian Daya Sedot nya 1.60 m/min. Ukuran Pemasangannya adalah 21.0 x 21.0 cm, sudah Anti Karat juga dilengkapi dengan Sekring pengaman dari korsleting. Ini bukan iklan atau endorse (karena saya tidak ada hubungan bisnis dengan pelapaknya), ini hanya menginformasikan saja ya.

Demikian semoga bermanfaat. (Pipih Pirmansyah – Mahasiswa Universitas Terbuka – Ilmu Komunikasi – di posting untuk Langsung Viral com pada hari ini, Rabu, 19 Agustus 2020).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait lainnya