by

Bagaimana Bisnis Periklanan Online Seperti Iklan Google Bekerja?

TASIKMALAYA, LANGSUNG VIRAL DOT COM – Cara Kerja Bisnis Periklanan Google Adsense. Saya akan share ke rekan-rekan semuanya.

Sengaja saya tidak menyebut “Google Adsense” karena akan terdengar asing di pengetahuan rekan-rekan, saya menyebutnya “Iklan Google” saja.

Ilustrasi :

Si A punya Perusahaan Pabrik Produksi Sandal Jepit. Si A ingin agar hasil produksinya Laku keras di pasaran se Indonesia.

Lalu Si B datang ke Si A dan bicara ke si A : “Agar sandal jepitmu Laku se indonesia, ayo beriklan saja di Jaringan Iklan saya, bisa dilihat se Indonesia bahkan sedunia loh sandal jepitmu”, bujuk si B ke si A.

Karena si A adalah seorang Bisnisman, dia tidak langsung percaya dengan bujuk rayu bahasa marketing si B. Lalu si A menjawab sekaligus bertanya ke si B: “bisa tidak, iklan saya tampil di banyak situs/ portal/ website/ blog di Indonesia”? tanya si A.

Si B menjawab dengan antusias: “Sangat bisa!, saya punya ribuan bahkan jutaan Situs / portal yang akan menampilkan iklan sandal jepitmu”. (Si A kelihatan girang).

“Wow, ini yang saya mau” kata si A.

“Lalu, Bisa tidak iklan sendal jepit saya hanya tampil kepada orang orang yang memang suka/ senang dengan dunia sandal jepit? – saya tidak mau loh iklan sandal jepit saya tampil di depan orang yang tidak suka sandal jepit” – tanya si A lagi ke si B.

Dengan antusias lagi, si B menjawab : “sangat bisa!, saya jamin iklan sandal jepitmu hanya akan tampil di depan orang-orang yang cinta sandal jepit. Tidak mungkin iklan sandal jepitmu tampil di orang-orang yang tidak suka sandal jepit” jawab si B.

Mendengar penjelasan itu, si A pun tertarik dan deal melangsungkan Akad kerjasama dengan si B.

Itulah si A = yang punya perusahaan (yang beriklan di sistem iklan google)

Itulah si B = Google

Si C nya siapa?
Si C nya yang punya situs/ blog/ portal yang sudah BERMITRA dengan Google untuk membantu menyebarluaskan iklan si A ke masyarakat indonesia.

Nanti si A bayarnya ke si B (ke google), jadi google itu adalah tukang mengumpulkan para bisnisman (yang punya perusahaan) yang akan pasang iklan.

Kemudian, dari si B (dari Google) iklan-iklan milik si A akan disebar ke jutaan portal web situs blog (milik si C) dengan Program Google Adsense (Sistem Periklanan milik si B = milik Google).

Tinggal atur saja pembagian uang nya.
Misal si A memberikan Rp. 1.000,-
Ke si B (Google) masuk Rp. 600,- (ini hanya misal ya)
Ke si C (Pemilik Portal) dikasih Rp. 400,- (ini juga hanya misal untuk mempermudah ilustrasi cara kerja iklan google adsense, karena pada nyatanya Rp. 400,- tersebut tidak hanya disebar ke satu portal, tapi ke banyak portal kan, sangat unik memang sistem nya)
Beres deh bagi-bagi duit dari si A nya.

Si A senang karena iklannya tersampaikan ke orang-orang potensial yang memang suka sandal jepit, jadi peluang beli sandal jepitnya besar.

Si B lebih senang lagi, Google sebagai penghubung antara yang mau iklan (si A = Perusahaan Produk) dengan yang mau mengiklankan (para Blogger dan para Vlogger – kalau di Youtube).

Si C (pemilik portal) / atau bisa juga sih si C ini adalah para Youtuber – juga merasa senang karena dapat bagian pulus dari si B (Google). Sebenarnya bukan uang milik google sih, itu uang miliknya si A (yang beriklan sendal jepit tadi). (Pipih Pirmansyah)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait lainnya