by

Cara Cek dan Pantau Apakah Bahan Ajar kita Sudah Dikirim atau Belum oleh Pihak Universitas Terbuka?

TASIKMALAYA, LANGSUNG VIRAL DOT COM – Universitas Terbuka adalah merupakan salah-satu Universitas Negeri ke 45 di Indonesia, yang berdiri pada 4 September 1984.

Dalam sistem pekuliahannya, UT terkenal dengan Sistem Kuliah Jarak Jauh (Daring = Dalam Jaringan) nya. Artinya setiap mahasiswa yang kuliah di Universitas Terbuka akan menjalankan aktifitas perkuliahannya dengan cara online menggunakan media Internet, walau memang ada juga sesi Kuliah Tatap Mukanya TTM (Tutorial Tatap Muka) untuk beberapa paket kuliah.

Saya Pipih Pipih Pirmansyah (NIM : 042159334) yang kebetulan mengambil Program Studi : 72/Ilmu Komunikasi S1, dan memilih Jenis Layanan : SIPAS Non TTM, dengan UPBJJ ikut ke 24/BANDUNG.

Saat ini saya sedang menunggu keberadaan Bahan Ajar milik saya yang telah saya pesan ke UT dengan telah lunasnya saya membayar Biaya Kuliah untuk Semester 1 yaitu sebesar Rp. 1.400.000,- (Satu Juta Empat Ratus Ribu Rupiah), sebenarnya sih 1.3, jadi 100 Ribu nya adalah Biaya Pendaftaran Masuk Kuliah ke UT, maka khusus semester 1 jadinya 1.4 juta, tapi nanti semester selanjutnya bayar 1.3 juta per semester.

Saya sedang menunggu Bahan Ajar tersedia di UT Bandung, yang sampai sekarang (tanggal 14 Juli 2020) masih belum ada di Bandung nya karena belum dikirim oleh UT Pusat ke bandungnya. Kata UT Bandung katanya adanya nanti di pertengahan Juli atau di Awal Agustus. Kita tunggu saja.

Nah, kita sendiri bisa melakukan cros cek / bisa melakukan pengecekan, melacak apakah Bahan Ajar kita sudah dikirim ke UT Bandung atau belum oleh UT Pusat? caranya adalah : Kita masuk ke link ini LINK INI, – Tracking Bahan Ajar.

Nanti setelah kita kunjung link tersebut, maka akan tampil seperti gambar berikut ini :

Kita masukkan saja Nomor Billing punya kita yang dikasih oleh UT. ada di Lembaran pembayaran ke Bank BRI. Kalau punya saya ini (hanya contoh)

Klik Tombol Tracking, maka hasilnya akan seperti berikut ini (ini hanya contoh hasil punya saya ya)

Kalau punya saya sampai dengan saat artikel ini saya buat yaitu tanggal 14 Juli 2020, keterangannya “On progress” om. Jadi harap bersabar saja. Kata UPBJJ (Unit Program Belajar Jarak Jauh) Bandung sih katanya adanya sekitar pertengahan Juli s.d Awal Agustus 2020.

Oke demikian cara cek dan mantaunya ya teman-teman. Semoga bermanfaat artikel blog ini. (Pipih Pirmansyah)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *