by

Jangan Pernah Tergiur dengan Channel Selain 1, 6 dan 11 (WiFi 2.4 Ghz)

Langsung Viral dot com – Semalam saya nonton viadeo diatas (coba om tonton saja dulu vodeo nya diatas). Dan ternyata banyak ilmu baru tentang mikrotik disana, yang sebagian besar belum saya ketahui.

Dari sekian banyak tips trik yang di paparkan di video diatas, memang ada yang bisa saya terapkan ke Warkop saya, dan juga ada yang belum bisa saya terapkan ke Sistem WiFi Warkop saya karena hal teknis, kondisi alat mikrotik di saya belum mumpuni.

Satu hal yang menjadi perhatian saya, yaitu tentang penentuan Channel WiFi. Selama ini saya gunakan Channel Manual 1 sampai dengan 11 untuk tiap AP. Tetapi kata om yang di video itu, sebaiknya kita gunakan hanya channel 1, 6 dan 11 saja.

Setelah saya merenung, secara Logika memang benar juga apa yang di sampaikan om tersebut, karena dengan kita memilih channel 1, 6 dan 11 maka peluang intervensi alat signal WiFi akan semakin kecil di Area Warkop kita, karena channel nya lumayan berjauhan khan, 1 ke 6 lalu ke 11. Sedangkan, Jika gunakan berjajar 1, 2, 3, 4 sampai dengan 11, maka ada peluang untuk interfensi juga.

Sehingga dengan begitu, setelah saya memahami video diatas, maka saya secara tahap demi tahap ke depan, akan coba menerapkan teknik yang dipaparkan om di video, yaitu saya akan gunakan channel 1, 6 dan 11 untuk AP-AP di Warkop saya.

Catatan :

Untuk sebuah Warkop, maka dibutuhkan minimal 3 buah Access Point untuk nantinya menempati channel 1, 6 dan 11. Tetapi jika area Warkop nya lumayan luas, maka tentunya kita perbanyak AP nya. Dengan gunakan metode seperti di gambar diatas, yaitu kita atur penempatan AP nya.

Demikian, semoga meng inspirasi dan bermanfaat. (LV – PP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait lainnya