by

Setting Paket Rumahan Voucheran Hotspot, Satu Rumah Max. 5 HP, Speed 1M/1M Dikeroyok Rame-rame dan User Tidak Perlu Login Terus

Langsung Viral dot com – Ceritanya begini Om. Khan Ada Sebuah Keluarga, Mereka ingin ikutan WiFi Hotspot kita. Mereka (Keluarga tersebut) Punya 5 HP, yaitu Bapaknya, Ibu nya dan Tiga orang anak nya.

Nah, semua HP (yaitu berjumlah 5 HP tersebut) Ingin Connect ikutan WiFi kita.

Sebenarnya dengan settingan berikut ini, tidak terbatas sampai 5 HP sih, malah batas max nya itu bisa sampai 254 HP Om, wow.. heee.. Lihat dan perhatikan saja nanti pas bagian IP – Pool nya, dimana saya set disana sampai ke 254.

Jadi ketentuan Max. 5 HP itu, ya kebijakan kita saja kepada pelanggan, yang pada teknis nya, bisa lebih dari 5 HP itu yang bisa kita inputkan ke akun rumahan berikut ini.

Oke om, Maka kita bisa menerapkan cara berikut ini untuk keperluan itu.

Catatan : Nanti, speed yang akan kita berikan kepada Keluarga itu adalah 1M/1M.

Nah, 1M/1M itu adalah untuk 5 HP. Jadi artinya kalau di keluarga itu yang online nya cuma satu HP, maka yang satu HP tersebut dapat speed Full 1M/1M.

Tapi kalau yang sedang online nya adalah dua HP, maka si speed 1M/1M itu akan dibagi dua, yaitu setiap HP dapat nya 500k/500k.

Begitu seterusnya, misal di keluarga itu kebetulan yang online nya semuanya sedang Online (yaitu 5 HP), maka yaaa di bagi saja itu speed 1M/1M dibagikan ke 5 HP yaitu nanti setiap HP dapat speed nya 200k/200k.

Semoga sampai sini Om bisa paham maksud saya.

Lanjut, Om.

Untuk Cara Setting di Mikrotik nya adalah sebagai berikut :

1. Setting IP – Address

2. Setting IP – Pool

3. Setting IP – Firewall – NAT

5. Setting Queues – Simple Queues

6. Setting IP – Hotspot – User Profiles

:put (",,0,,,noexp,Enable,"); [:local mac $"mac-address"; /ip hotspot user set mac-address=$mac [find where name=$user]]

7. Setting IP – Hotspot – Users

Untuk mendapatkan Mac Address si HP yang akan di ikutkan Paket Rumahan tersebut, maka kasih saja suatu username voucher unik ke HP tersebut, ya sekedar buat menangkap Mac address HP tersebut om.

8. Sudah Beres Om.

Oh ya yakinkan data akun yang mau dijadikan paket rumahan ini, tidak ada data lama yang nempel di beberapa tempat berikut ini, jika masih ada data dia nempel, maka HP yang akan dimasukkan ke Sistem Paket Rumahan ini akan kesulitan nyambung, karena itu tadi, masih ada data lama (yaitu data HP tsb sebelum ikutan sistem rumahan) yang nyangkut di tempat-tempat berikut ini :

Jadi kalau ada data HP yang akan kita olah ini, masih nyangkut di berikut ini, hapus saja om datanya.

(1) IP – Hotspot – Hosts

(2) IP – Hotspot – Cookies

(3) IP – DHCP Server – Leases

Demikian, semoga bermanfaat. (LV – PP)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel terkait lainnya