Cara Remote Management TP-Link Wireless N Router TL-WR840N yang Berada di Rumah Client

Langsung Viral dot com – Ceritanya kita punya Client Rumahan dengan Sistem PPPoE. Dan Si AP TP-Link TL-WR840N sudah ditaroh di Rumah Client tersebut.

Nah bagaimana caranya agar si AP TP-Link TL-WR840N yang berada di Rumah Client, menjadi bisa Di remote dari komputer kita? (maksud saya bisa di remote dari PC Utama kita, PC yang suka dijadikan setting-setting mikrotik winbox loh)

Jadi si Komputer / Laptop kita itu adalah tidak tersambung secara langsung dengan jaringan si AP TP-Link TL-WR840N, tetapi dengan bantuan mikrotik dan dengan cara ini, maka si AP TP-Link TL-WR840N akan bisa di remote, walau Laptop / PC kita tidak satu jaringan dengan AP TP-Link TL-WR840N tersebut.

Caranya ternyata cukup simple om :

1. Om masuk dulu secara manual ke TP-Link TL-WR840N lalu pergi ke menu Security – Remote Management

Nah disana, Om Setting saja si Remote Management nya menjadi begini :

2. Lalu sekarang masuk ke Winbox Mikrotik kita.

Om masuk ke IP Firewall – NAT – lalu Add :

Coba om akurin saja settingannya dengan ini : (tapi yaaa sesuiakan dengan ip mikrotik om dan juga ip pppoe yang diberikan kepada si AP yang ada di rumah client om tersebut).

Keterangan Gambar :

Di bagian General :
Chain : dstnat
Dst. Address : 192.168.10.1 (IP Mikrotik local kita)
Ptotocol : tcp
Dst. Port : 83

Di bagian Action :
Action : dst-nat
To Addresses : 10.5.51.4 (ini adalah IP yang didapat oleh si AP Router yang akan di Remote tersebut. IP 10.5.51.4 adalah IP pemberian dari Sistem PPPoE, karena di Warkop Salira, IP PPPoE nya adalah dengan Static IP, dan kebetulan untuk AP tersebut, dikasih IP nya 10.5.51.4.
To Ports : 80

3. nah sudah beres om, tinggal cek saja apakah berhasil atau nggak, kita bisa buka browser dan ketik http://10.5.51.4:80

Jika sukses, maka nanti akan muncul Login Page si AP TP-Link TL-WR840N (yang padahal Barang nya ada di Rumah Client kita, dan dengan beda Jaringan dengan kita, maksud saya adalah si Komputer/PC yang kita gunakan untuk mengakses AP tersebut adalah tidak tersambung langsung ke Colokan LAN si AP tsb, juga tidak tersambung ke WiFi si AP tersebut…. Tetapi tetap sukses bisa mengakses nya.

Berikut Tampilan SS sukses nya :

Demikian, semoga bermanfaat. (LV – PP)

Tags: #Cara #Client #Remote Management #Router #TL-WR840N #TP-Link #Wireless