Mengenal Empat Merk yang Direkomendasikan untuk Access Point Router Sistem PPPoE

Langsung Viral dot com – Informasi di artikel ini Admin peroleh dari hasil diskusi di sebuah Group WiFi Hotspot di Facebook dengan nama Group “Belajar Bersama”. Jadi ini bukan Admin yang sudah mahir tahu hal ini ya om, Admin Langsung Viral dot com itu hanya bertindak sebagai Notulen saja, sebagai pencatat. Jadi kalau nanti Om tanya-tanya di komentar, lalu tidak bisa Admin jawab, maka mohon maaf. Semoga om paham hal ini.

Untuk Om yang ingin mempelajari cara setting PPPoE dari Dasar, bisa lihat artikel “Setting PPPoE Sekaligus Hotspot WiFi pada Interface yang sama di Mikrotik Mikhmon” – (Artikel ini untuk Dinamik address pppoe nya).

Atau Om bisa melihat artikel ini untuk lanjutan nya, nah kalau ini menggunakan static ip untuk pppoe nya, tapi harus paham dulu pppoe yang dinamis diatas. Ini yang versi statik ip : “Cara Setting PPPoE di Mikrotik dengan Memberikan IP Address Static ke Client / User PPPoE nya“.

Oke om langsung saja kita mendata nya. Berikut ini adalah Daftar Nama-nama AP yang direkomendasikan untuk Sistem PPPoE :

1. TP-Link TL-WR840N 300Mbps Wireless N Router Antenna

Harganya Rp. 124.900,- di Bukalapak. AP ini sudah support bisa Remote Management, jadi bisa di remote dari rumah kita walaupun si AP nya ada di Rumah orang lain, asal memang sedang tersambung saja jaringannya ke mikrotik kita via kabel lan misalnya.

Cara meremot nya adalah dengan cara mengaktifkan fitur Remote Management di settingan si AP nya tersebut. Lalu kita panggil / remote dari komputer kita dengan mengetikkan IP Address si AP PPPoE tersebut dan diakhiri dengan 8080 ( format nya : IP:8080 )

2. D-Link DIR-612 N300 Wireless Fast Ethernet Router

Harganya Rp. 139.900,- di Bukalapak. AP ini juga sudah support Remote Management.

3. TENDA N301 Router Wireless 300Mbps Easy Setup Router -GD

Harganya Rp. 112.300,- di Bukalapak. Sama dengan kedua AP diatasnya, AP ini juga sudah support Remote Management om.

4. ONT Modem Huawei V 5H5

Terakhir adalah ini. Harganya murah karena bekas (bekas speedy indihome kali ini om) harganya yaitu Rp. 60.000,- di Bukalapak. tapi kabarnya cara settingannya lumayan ribet susah, tidak seperti ketiga AP diatasnya. Jadi ini buat yang bisa saja. AP ini juga sudah support Remote Management.

Begitu om, yang bisa kami rangkum. Jadi info ini adalah murni dari hasil diskusi di group FB di atas ya om (diskusi bersama para master mikrotik wifi hotspot, heehee). Semoga ada manfaatnya. (LV – PP)

Update : 11 November 2019

5. Huawei HG8245H

Ternyata, Modem Router Bekas IndiHome ini (Huawei HG8245H) bisa juga buat PPPoE om. Maka saya masukkan ke Nomor 5 deh.

Ini Om penjualnya, PM saja. Bilang saja tau info nya dari Langsung Viral dot com – kabarnya ada 80 pcs stok nya per 11 november 2019. Cepetan keburu habis, om.

Atau Om bisa beli saja di lapaknya di Shopee, harganya Rp.50.000,-. ini link nya.

Atau bisa belinya di Bukalapak, disini om. Sama saja sii.

Ini Tutorial di Youtube nya untuk Bagaimana Caranya setting Huawei HG8245H agar bisa untuk PPPoE – Disini om.

Tags: #Access Point #PPPoE #Router