Membangun WiFi Hotspot Mikrotik dengan Litebeam Sectoral AC LBE 5AC (Access Point) dan LiteBeam 5AC Gen2 23dBi (Station)

Langsung Viral dot com – Ini untuk arsip pengetahuan kami saja (Warkop Salira), tapi jika misalnya ikut terbaca oleh om, ya semoga saja ada manfaatnya si catatan informasi ini. Amin.

Jadi untuk membangun Koneksi Hotspot Sistem Voucher an yang jaraknya lumayan jauh misalnya jaraknya diatas 1 Km, misalnya menyambungkan ke Rumah Saudara atau ke Rumah keluarga kita yang lain yang jaraknya 1 Km atau lebih misalnya, maka bisa menggunakan alat dan metode ini.

Kami sendiri belum membuktikannya, info ini didapat dari para master professional di bidang wifi yang kami tanya di Group WiFi. Dan inilah hasil tanya-tanya kami, ya sekaligus ini akan kami jadikan patokan bahwa untuk membangun jaringan wifi jarak jauh tanpa kabel FO itu adalah begini.

Langsung saja, berikut ini adalah alat-alat nya, beserta perkiraan harga dan keterangan nya untuk masing-masing alat :

1. Ubiquity UBNT Litebeam Sectoral AC LBE 5AC 16 120 LBE-5AC-16-120

Pertama, Ini alat adalah sebagai Pusat nya. Sebagai pengirim nya. Berada di tempat kita, bertugas memancarkan signal WiFi kita ke sektor area dimana nantinya disana ada penerima nya (client). Jadi AP ini nantinya harus di setting sebagai Access Point.

Harga AP ini adalah sekitar : Rp. 1.195.000,-

2. Ubiquity Litebeam AC Gen2 23dbi LBE-5AC-Gen2

Kedua, adalah AP sebagai penerima nya, berada di Rumah client kita. AP ini nantinya memakai mode Station. Bertugas menangkap signal wifi dari si alat AP nomor 1 diatas.

Harga AP ini adalah sekitar Rp. 889.000,-

3. Totolink CP300

Ketiga, adalah Totolink CP300. Ini AP bagus untuk Outdoor. Jadi di tempat si client, bisa disambungkan ke Totolink CP300 dari si Ubiquity LiteBeam M5 23dBi (nomor 2 diatas) agar signal wifi bisa terpancar lagi ke sekitar rumah si client. Jadi Totolink CP300 ini adalah sebagai AP Penyebar langsung ke HP. Dan alat ini bisa ditempatkan di luar ruangan karena memang AP Outdoor. Kita bisa menggunakan mode Access Point untuk alat penyebar wifi ini.

Totolink CP300 ini adalah di colokin ke si Ubiquity LiteBeam M5 via Hub Switch saja.

Harga AP ini adalah sekitar Rp. 430.000,-

4. Totolink N300RT

Ke Empat, adalah Totolink N300RT. Ini sama saja fungsi nya dengan Totolink CP300. Cuma bedanya jika Totolink CP300 itu adalah AP Outdoor dipasang di luar ruangan kena terik matahari dan hujan. Nah kalau Totolink N300RT adalah AP Indoor, ditempatkan dalam ruangan. Mode nya pun sama saja yaitu kita bisa memilih Access Point.

Totolink N300RT ini adalah di colokin ke si Ubiquity LiteBeam M5 melalui kabel LAN via Hub Switch. AP Totolink N300RT ini adalah AP untuk menyebar wifi langsung ke HP orang-orang.

Harganya adalah sekitar Rp. 139.000,-

5. ZTE F609

Sama halnya dengan Totolink N300RT. Si ZTE F609 ini adalah AP indoor. dan bisa kita set jadi Bridge Access Point untuk nyebar langsung ke HP.

Si ZTE F609 adah tersambung ke Ubiquity LiteBeam M5 23dBi melalui kabel LAN dan hub switch saja.

Harga nya adalah sekitar Rp. 100.000,-

Demikian, catatan ini dibuat oleh Tim Warkop Salira, semoga ada manfaatnya. (LV – PP)

Tags: #AC LBE 5AC #Access Point #Bangun #Hotspot #Litebeam #LiteBeam M5 #Mikrotik #Sectoral #Station #WiFi