Solusi Cara Atasi IP Address yang Numpuk di Simple Queues WiFi Hotspot Mikrotik Mikhmon (Tidak Sesuai Dengan Jumlah User di Active)

Langsung Viral dot com – Hari kemarin Langsung Viral dibingungkan dengan adanya kasus bahwa IP Address Local Hotspot yang “10.5.50.0/24” terjadi numpuk di bagian Simple Queues.

Jadi misalnya kemarin itu di Active itu Cuma ada 18 user, lihat gambar berikut ini :

Tapi ketika di cek di Simple Queues itu ada 118 (sebenarnya bukan 118 siih, karena dikurangi 4, karena 4 itu kan data-data parent, bukan data user langsung yang sedang aktif, jadi bukan 118 tepatnya, tapi ada 114 user aktif jika menurut Simple Queues. Padahal yang paling bisa dipercaya itu adalah data di Active yang pada kenyataannya hanya 18 user aktif.

Artinya 114 dikurangi 18, jadi ada sekitar 96 user yang sebenarnya sudah tidak aktif (karena buktinya di Tab Active sudah tidak ada) tapi masih nempel atau nyangkut di Simple Queues.

Lihat gambar berikut ini :

Jadi, bagaimana cara agar tidak terjadi nyangkut user di Simple Queues tersebut ?

Sebenarnya ini sungguh hal rumit om, karena memang Langsung Viral sendiri belum begitu paham, cuma ada seorang kawan kita di Group yang memberikan solusi dan ternyata berhasil mengatasi hal ini, walau ketika saya tanya, Om itu pun memang masih belum bisa 100% yakin dengan alasannya tentang kenapa triknya bisa berhasil.

Caranya ternyata cukup simple om, yaitu dengan cara mengganti name=”$address” diganti dengan name=”$user” pada Setiap Isian Script di setiap User Profile.

Contoh penampakan nya sebagai berikut :

Berikut Ini sebelum diganti ( jadi masih menggunakan name=”$address” ) :

Dan Lalu, berikut Ini sesudah diganti ( jadi sekarang diganti dengan menggunakan name=”$user” ) :

Om ikuti saja mengganti data itu (yang saya lingkari)

Catatan : Jika Om punya 10 User Profile maka tentunya Om harus mengedit semua itu satu persatu.

Setelah mengganti itu, Om Hapus Data user di simple queues, yang dihapus si ip address user nya saja, jangan ikut di hapus si settingan parent yang buatan om ega nya.

Lihat gambar berikut ini

Lalu setelah itu, Om juga hapus semua data yang ada di Hosts (nah kalau yang ini boleh full dihapus saja semua yang ada disana).

Lihat gambar di bawah ini

Sudah beres om, tinggal di pantau saja, apakah masih nyangkut atau sukses aman?

Oh ya, katanya sebaiknya setelah melakukan ini semua, Om Reboot si Mikrotiknya. Tapi kalau saya sih tidak di Reboot karena kasihan ke orang-orang yang sedang online, tapi cukup melakukan urutan hal di atas.

Oke om, tips di artikel ini memang belum sepenuhnya bisa disebut jadi solusi ya, karena saya pun sekarang sedang terus memantau apakah kasus ini bisa terulang lagi walau saya sudah merubah “address” ke “user” ataukah beres berhasil ?

Kita pantau saja, nanti juga kalau gagal, saya akan update lagi di post ini bahwa cara ini gagal, Begitu kan?

Demikian semoga bermanfaat. (LV – PP)

Tags: #Active #Cara #Hotspot #IP Address #Mikhmon #Mikrotik #Numpuk #Simple Queues #Solusi #User #WiFi