Cara Setting PPPoE di Mikrotik dengan Memberikan IP Address Static ke Client / User PPPoE nya

Langsung Viral dot com – Ini adalah lanjutan dari postingan (1) Setting PPPoE Sekaligus Hotspot WiFi pada Interface yang sama di Mikrotik Mikhmon dan (2) Cara Mengatur Speed Limit yang berbeda untuk beberapa User PPPoE di Paket Rumahan WiFi Hotspot Mikrotik Mikhmon.

Bedanya adalah di artikel ini dibahas bagaimana agar IP Address untuk PPoE nya menjadi Statik, artinya nanti setiap user / client PPPoE , dia harus mengisi IP Address di Perangkat Router nya atau di Komputer / Laptopnya, disamping harus mengisi Username dan Password PPPoE nya.

Kelebihan Sistem PPPoE dengan menggunakan IP Address Static ini adalah : bersumber dari Om Siswoyo di Group Facebook “Belajar Bersama” kelebihannya adalah kita dapat meremote alat router yang ada di tempat client, bisa meremote nya dari rumah kita. Tentang cara meremote nya tidak dibahas di postingan ini, bahkan Langsung Viral pun belum pernah melakukan hal demikian.

Yang dibahas di post ini adalah Cara Setting PPPoE dengan memberikan IP Address Static ke setiap user PPPoE.

Pembahasannya tidak akan dari Nol, karena sudah ada di dua postingan sebelumnya (sebagaimana nama dua post diatas). Kita langsung ke hal mana yang mesti diubah dari settingan sebelumnya.

Inilah hal-hal yang perlu dirubah dari settingan PPPoE sebelumnya (yang buatan Om Ega) :

1. Kita akan menghapus IP Pool si PPPoE yang telah dibuat sebelumnya, yang bernama “ip-pool-pppoe”

Lihat gambar berikut ini

2. Lalu masuk ke Menu PPP – Profile. dan editlah kedua-dua nya :

Awalnya begini :

jadi begini

3. Lalu yang satu nya lagi juga sama.

Awalnya begini :

jadi begini

4. Kemudian, masuk ke Tab Secret.

Disana juga edit saja satu-satu :

Awalnya begini

jadi begini

Lalu yang satunya lagi.

awalnya siii begini

diubah jadi begini

Sudah beres om. Jadi nanti client pppoe yang di static kan begini jika client nya berupa AP Tenda n301 (misalnya) yang ada fasilitas Remote Address Management, maka kita bisa meremote itu AP dari rumah kita. Tentang bagaimana cara meremote nya?, itu belum saya tanya-tanya lagi ke Om Siswoyo di Group Belajar Bersama di Facebook tersebut. yang jelas informasi yang baru didapat adalah kita bisa meremote nya jika menggunakan ip address static begitu.

Saya sendiri sih masih menggunakan cara nya Om Ega yaitu dengan sistem IP Pool tadi yaitu : ip-pool-pppoe = 10.5.51.2-10.5.51.254

Walaupun demikian, ini adalah backup ilmu pengetahuan dengan menggunakan sisi dan cara lain. Ya untuk menambah pengetahuan lah om bahwa banyak jalan menuju Kota Tasikmalaya, heeee.

Semoga ada manfaatnya (LV – PP)

Tags: #Cara #Client #IP Address #Mikrotik #PPPoE #Setting #Static #User