Cara Agar Mikhmon WiFi Hotspot Mikrotik Bisa Diakses dari Jarak Jauh dengan Menggunakan Nama Domain Sendiri Berbayar

Langsung Viral dot com – Artikel ini khususnya buat om yang memang ada di dunia WiFi Hotspot Mikrotik Mikhmon, ya seperti Tim Langsung Viral lah yang memang saat ini mengelola Warkop Free WiFi Anti Lag.

Coba kita bayangkan misalnya kita punya perangkat Mikrotik + Sistem Mikhmon nya yang tertanam di PC / Laptop kita, tapi Perangkat tersebut ada Jauh di luar sana. Misalnya kita ada di Tasikmalaya dan si Mikrotiknya itu ada di Jakarta (karena memang kita misalnya buka Cabang Warkop Free WiFi di Jakarta).

Lalu kemudian dengan mudahnya kita bisa setting dan lihat – lihat isi dari Mikrotik Mikhmon kita yang jauh di luar sana itu dari Kota asal kita, bahkan kita bisa membuat / generate voucher WiFi Jarak Jauh (misalnya karena Tim Warkop di Jakarta adalah memang orang bukan teknik, dimana mereka tau nya ya hanya menjalankan usaha Warkop Free WiFi sama memberikan kode wifi nya ke pelanggan yang datang, sedangkan urusan manajemen wifi, termasuk membuat voucher diserahkan dihandle oleh kita sendiri dari jarak jauh).

Lalu kita mengaksesnya melalui sebuah alamat domain pribadi kita, misalnya yang punya nya Langsung Viral alamatnya adalah zzzzzz untuk manajemen voucher wifi dan melihat-lihat kondisi wifi di cabang warkop yang berada jauh di luar sana.

Caranya adalah sebagai berikut :

1. Pastikan Om telah mengikuti tutorial di Postingan kami sebelumnya yaitu : “Cara Mengakses Mikhmon dari Jarak Jauh misalnya Fisik Mikrotik di Jakarta lalu Mengaksesnya dari Tasikmalaya

2. Catat si Port Forward yang diberikan oleh situs hostddns.us . Contoh punya nya Langsung Viral adalah : Port Forward : us-1.hostddns.us:3912

3. Nah sekarang tinggal memilih layanan hosting yang support Mikhmon. Sayangnya banyak Penyedia Hosting yang memblok port Mikhmon yaitu port “8728” karena alasan keamanan.

Kami sendiri menggunakan Hosting dari JagoanHosting.com yang setelah kami tanyakan ternyata port mikhmon 8728 adalah memang di blokir pihak hosting untuk alasan keamanan itu tadi.

Maka, Langsung Viral mencoba layanan domain hosting gratis yaitu 000webhost.com yang dimiliki oleh perusahaan domain hosting berbayar yaitu hostinger.co.id (artinya jika kita hosting di hostinger.co.id maka ada kemungkinan mereka tidak ikutan mem blokir port mikhmon, kemungkinan itu juga om, karena saya belum mencoba hosting disana).

Singkat cerita, jadilah saya membangun hosting gratis untuk mikhmon di alamat domain warkopsalira1 . 000webhostapp.com – kami tidak akan menerangkan bagaimana cara daftar nya ya karena akan terlalu panjang artikel ini.

Intinya yang dimasukkan ke dalam hosting itu adalah data-data mikhmon punya kita sendiri, kami yakin om sudah punya data mikhmon di laptop / pc om yang memang sudah di setting username password nya dengan punya om sendiri. Nah yang di upload ke server / ke hosting itu adalah yang data mikhmon yang sudah jadi tersebut, jadi nantinya tinggal manggil / tinggal login dengan username password yang sesuai di laptop kita (karena nanti username dan password akan sama saja, karena kan sudah tersimpan di file system mikhmon yang ikut kita upload tersebut)

Berikut ini adalah penampakan deretan file mikhmon yang harus di upload ke server hosting. Kalau kami sih di compress dulu agar menjadi satu file, sehingga memudahkan dalam upload nya, kemudian setelah sampai di server, kami extract lagi. Beres dah.

4. Sudah om tinggal akses itu alamat gratisan – kalau punya Langsung Viral ada di warkopsalira . 000webhostapp.com nanti muncul login page mikhmon.

Nanti disana tinggal login saja pakai username dan password mikhmon om yang seperti di Laptop om, nggak ada bedanya karena username password sudah tersimpan di file sistem mikhmon yang om upload tersebut ke server.

Untuk setting hotspotnya adalah sama saja dengan setting hotspot yang cabang jakarta yang ada di postingan kami sebelumnya yang disebutkan diatas, kami ulang lagi, yaitu postingan : “Cara Mengakses Mikhmon dari Jarak Jauh misalnya Fisik Mikrotik di Jakarta lalu Mengaksesnya dari Tasikmalaya

5. Nah bagaimana mengganti warkopsalira . 000webhostapp.com dengan alamat domain kita sendiri, contoh punya kami adalah zzzzzz ? – kita gunakan fasilitas redirect saja (yaaa yang simple -simple saja om), karena di yyyyy adalah memang tidak bisa mikhmon.

Cara redirect yang paling sederhana dan mudah adalah dengan cara kita membuat file index.html lalu di upload ke yyyyy tersebut.

Isi dari file index.html adalah sebagai berikut :

<meta http-equiv="refresh" content="1; url=https://warkopsalira.000webhostapp.com/">

Artinya dalam waktu satu detik, ketika ada orang yang mengakses alamat yyyyy maka akan di arahkan ke warkopsalira . 000webhostapp.com

Demikian Om, semoga catatan kali ini ada manfaatnya walau memang Langsung Viral akui ini sangat tidak lengkap, tidak disebutkan secara rinci step by step dengan gambar nya dalam setting nya. (LV – PP)

Tags: #Berbayar #Bisa #Cara #Diakses #Domain #Jarak Jauh #Mikhmon #Mikrotik #Routerboard #RouterOS