Cara Membuat Paket Rumahan WiFi Hotspot Mikrotik Mikhmon Bisa Dilimit Bandwith Bisa Stop Otomatis Tanpa PPPoE

Langsung Viral dot com – Oleh karena Langsung Viral com belum mempelajari sehingga belum paham tentang bagaimana cara membuat Paket Rumahan WiFi Hotspot Mikrotik Mikhmon dengan Sistem PPPoE, maka Langsung Viral com membuat Paket Rumahan nya menggunakan Sistem Hotspot.

Paket Rumahan WiFi Warkop Salira itu sudah bisa di limit bandwith nya dan juga sudah bisa di stop otomatis si paket nya sesuai tanggal dan jam yang telah ditentukan. Artinya suatu paket rumahan tersebut akan terblokir otomatis ketika dia belum bayar iuran bulanan selanjutnya.

Berikut adalah cara setting nya :

1. Buka Winbox Mikrotik di Laptop kita

2. Setting lah Login By sehingga sesuai tampilan berikut. Caranya masuk ke Menu IP – Hotspot – Lalu ke Tab Server Profiles dan di double klik saja si Server Profile Hotspot kita, lalu pilih Tab Login. Lebih jelasnya, lihat penampakan berikut ini om :

MAC Auth. Password : Terserah om, mau passwordnya apa. misalnya passwordnya 12345678 (jangan yang gampang begitu ya)

3. Buatlah User Profile khusus Paket Rumahan. Masih di Menu IP – Hotspot – klik Tab User Profiles dan Add. Coba akurin dengan punya nya Langsung Viral om sebagai berikut :

Update (17 Oktober 2019) Pada On Login, saya isi dengan :

:local datetime [/system clock get date];
:local timedate [/system clock get time];
/queue simple add max-limit=2M/4M name="$address" comment=("user_hotspot") parent="3.USER HOTSPOT&RUMAHAN" \ target=$address

Update (17 Oktober 2019) Pada On Logout, saya isi dengan :

/queue simple remove [find name="$address"] ;

Disesuaikan saja dengan punya Om, itu saya mengikuti Script Om Ega – Versi 4.5 . Cari saja di Youtube, nama channel nya Ega Chanel.

4. Masih di Menu IP – Hotspot – sekarang klik Tab Users. kita akan membuat sebuah user untuk nantinya dimasukan ke Profile paket Rumahan.

Disini pakai contoh nama saya saja ya, Pipih Pirmansyah.

Gunakan Mac Address ke perangkat yang akan dibuatkan Paket Rumahan tersebut. Cara mendeteksi Mac Address nya, om kasih saja dulu suatu voucher lalu minta orang nya login, nah nanti om Catat Mac Address dia nya.

Untuk Password, om gunakan password yang sama yang diketik di “MAC Auth. Password” yaitu yang di langkah 2 diatas.

Jadi nanti kalau ada yang ingin ikutan paket rumahan lagi yang lain, maka yang beda itu adalah Mac Address nya saja, sedangkan password semuanya sama yaitu mengacu ke password “MAC Auth. Password” di langkah 2 diatas.

Agar mudah identifikasi akun-akun Paket Rumahan, Jangan lupa Om kasih coment – kasih saja komen sesuai Nama orang nya. Di contoh kan pakai nama saya “Pipih Pirmansyah”.

Ini penampakan nya :

5. Nah setelah beres diatas, kita buatkan Scheduler nya agar si WiFi Paket Rumahan tersebut bisa Off Otomatis di tanggal dan jam yang telah kita tentukan.

Maksudnya begini :

Misal di Langsung Viral sih, jika orangnya belum bayar wifi bulan sebelumnya maksimal sampai tanggal 10, maka WiFi dia akan kita Off kan otomatis pada tanggal 11 Jam 00.01.00. Tapi jika dia sudah bayar pada rentang waktu tanggal 1-10 (misalnya) maka di Scheduler akan kita edit menjadi ke tanggal 11 jam 00.01.00 dan merubah bulan nya ke bulan berikutnya (jika bayarnya cuma untuk satu bulan kedepan).

Masuk ke Menu System – Scheduler

Langsung saja ini Schedule nya :

(1)
Pipih Pirmansyah
C0:87:EB:18:**:**

/ip hotspot user disable [find name=C0:87:EB:18:**:**]
/ip hotspot active remove [find name=C0:87:EB:18:**:**]

Name : Pipih Pirmansyah
Start Time : 00:01:00

Ini Om :

CONTOH PENULISAN START DATE
Januari — Jan/11/2019
Februari — Feb/11/2019
Maret — Mar/11/2019
April — Apr/11/2019
Mei — May/11/2019
Juni — Jun/11/2019
Juli — Jul/11/2019
Agustus — Aug/11/2019
September — Sep/11/2019
Oktober — Oct/11/2019
November — Nov/11/2019
Desember — Dec/11/2019

Demikian, semoga bermanfaat. Langsung Viral com tidak ada maksud menggurui. Ini hanya sebuah catatan kecil saja, jika kami lupa maka bisa buka lagi catatannya disini. Semoga bermanfaat juga untuk Om semuanya yang kesasar sampai ke artikel ini.

Langsung Viral com adalah masih belajar juga om, jadi pasti akan banyak kekurangan dan kekeliruannya. Jadi Mohon maaf. (LV – PP)

Tags: #Bandwith #Bisa Dilimit #Cara #Hotspot #Membuat #Mikhmon #Mikrotik #Paket #PPPoE #Rumahan #Stop Otomatis #Tanpa #WiFi