Mengenal Arti Bunyi Beep pada Lampu Indikator UPS APC 650 VA (325 W)

16 views

Langsung Viral dot com – Situs LangsungViral.com yang merupakan Blog Khusus untuk Mencatat Kejadian Viral Hari ini, untuk hari ini, tanggal 24 September 2019, Langsung Viral akan mencatat sebuah pengetahuan khusus tentang Arti atau Makna dari macam-macam bunyi yang terdengar dari Status Indicator sebuah perangkat UPS. Dalam hal ini UPS yang Langsung Viral punya adalah UPS APC 650 VA.

Jadi untuk UPS Merk lain, maka kemungkinannya akan berbeda. Dan jika Om punya UPS APC 650 juga seperti yang punya Langsung Viral, maka informasi ini adalah sangat bermanfaat, bahkan boleh Om Bookmark saja postingan ini di Laptop atau di Browser HP om agar jika sewaktu-waktu dibutuhkan akan lebih mudah mengeceknya.

Baiklah inilah macam-macam bunyi beep dari Status Lampu Indikator UPS APC 650 VA (325 W) :

1. Lampu Led Menyala + Alarm Tidak Bunyi : Artinya “On Line” – UPS kita sedang On-Line. UPS kita sedang di supply oleh Listrik AC PLN dalam hal nyambungnya dengan perangkat elektronik yang nempel ke UPS kita.

2. Lampu Led Menyala + Alarm Berbunyi secara Konstan Tidak Putus-putus Suaranya : Artinya “On Line Overload” – UPS kita sedang On-Line tapi Beban yang di handle nya banyak sekali, artinya sudah hampir tidak kuat UPS nya, Solusinya putuskan beberapa perangkat elektronik yang masih nyambung dan menggunakan listrik via UPS kita itu agar tidak Over Load.

3. Lampu Led Menyala + Alarm Berbunyi secara Konstan dan dengan ada bunyi Beep di selang beberapa detik sekali : Artinya “Over Temperature Warning” – UPS kepanasan. Solusinya (1) Cabut beberapa perangkat elektronik yang menyambung ke UPS, (2) Pasang kipas dan arahkan ke UPS. Jika hal ini dibiarkan, maka UPS akan Shut down (mati sendiri) jika panasnya tidak kunjung reda.

4. Lampu Led Menyala, Tapi Lampu Led akan Padam setiap 4 detik + Alarm Berbunyi sebanyak 4 kali Beep pada setiap 30 detik sekali : Artinya “On Battery” – UPS dalam posisi On-Battery. UPS kita sedang men supply listrik ke perangkat dari Battery (bukan dari listrik PLN). Hal ini tentunya terjadi ketika mati listrik PLN.

5. Lampu Led terlihat Flashing + Alarm Berbunyi Beep setiap 1/2 detik) : Artinya “Low Battery Warning” – Battery UPS tinggal dua menit lagi dalam hal bisa membackup data. Segera matikan seluruh perangkat dan segera matikan UPS, jangan menunggu UPS mati sendiri sampai habis si Battery nya karena akan membuat battery cepat rusak / soak jika UPS dipakai sampai habis battery nya.

6. Lampu Led terlihat Flashing + Alarm Berbunyi Konstan (tidak putus-putus / tidak ada bunyi Beep yang berulang-ulang : Artinya “Bad battery Detected”, batere ups nya sudah rusak, kita harus mengganti battery ups dengan yang baru.

7. Lampu Led terlihat Off (Mati) + Alarm Berbunyi Beep terus, setiap Empat detik : Artinya “Low Battery Shutdown” – Sudah hampir habis battery UPS nya itu om, segera matikan perangkat-perangkat yang terhubung, jangan sampai UPS mati sendiri karena benar-benar sampai habis si battery nya, jika itu sering terjadi (battery ups dihabiskan sampai ups mati sendiri) maka battery ups kita akan cepat rusak / soak.

8. Lampu Led terlihat Off (Mati) + Alarm Berbunyi Terus secara Konstan tiada henti : Artinya “On Battery Overload”, terlalu banyak perangkat yang terhubung ke battery UPS, artinya UPS kurang tenaga untuk bisa handle semua perangkat yang terhubung, segera copot sebagian perangkat elektronik kita, jika perlu upgrade lah ke UPS yang lebih besar power nya, jangan yang APC 650, naik ke yang lebih besar.

9. Lampu Led terlihat Off (Mati) + Alarm Berbunyi Terus secara Konstan tiada henti : Artinya “Charger Fault”, UPS nya bermasalah di internal UPS dan tidak bisa lagi Nge cash ke battery. Segera bawa ke Teknikal Support nya saja.

10. Lampu Led terlihat Off (Mati) + Alarm berbunyi Beep Panjang setiap Empat Detik : Artinya “Over Temperature Protected”. UPS nya kepanasan Om, dan lalu shutdown sendiri. Solusinya, cabut beberapa device / perangkat elektronik yang terhubung ke UPS, atau tunggu beberapa saat kemudian sampai UPS menjadi dingin lagi. Atau bisa juga dicoba dengan diberi kipas si UPS nya. Lebih bagus lagi jika UPS kita ada di Ruangan ber AC.

Demikian yang bisa disampaikan, Langsung Viral com hanya menginformasikan saja. Ini adalah ada di Lembaran Panduan / di Buku Manual UPS APC 650 kok. (LV – PP)

Tags: #325 W #650 VA #APC #Arti #Beep #Bunyi #Indikator #Lampu #Mengenal #UPS