Cara Mengakses Routerboard Mikrotik dari Jarak Jauh (dari Luar Jaringan Hotspot kita)

Langsung Viral dot com – Langsung Viral com tidak akan banyak basa-basi ya. Intinya Fungsi dari melakukan hal ini adalah Agar Perangkat Routerboard Mikrotik kita yang berada jauh disana, misalnya Fisik Routerboard Mikrotik kita ada di Jakarta, maka itu bisa kita akses dan bisa kita kendalikan ketika kita berada di Tasikmalaya atau di wilayah lain di dunia ini, asal ada koneksi internet dan Laptop (jika pakai laptop) dan Winbox nya (jika pakai winbox).

Inilah urutan setting nya. Ini hanya catatan pribadi Langsung Viral com saja, semoga bermanfaat buat semuanya :

1. Daftar dan Login di https://hostddns.us/ . Karena Langsung Viral com belum Daftar, maka oke kita Daftar dulu, mudah sekali. Dan dapat Saldo Gratis sebesar Rp. 2.000,- – itu bisa digunakan buat berlangganan selama Satu Bulan menggunakan Server Indonesia. Kalau Om nanti memilih menggunakan Server Luar maka lebih murah lagi yaitu Rp. 1.000,- per Bulan, cuma lebih kencang yang server Indo.

Dalam contoh ini Langsung Viral com memilih server US agar kena cas nya 1000, nanti kan saldo nya tinggal 1000 buat belajar uji coba koneksi ke Mikhmon nya. jadi nanti saldo nya akan Nihil Nol.

Tenang saja, om, Insya Allah berlangganan kok Langsung Viral com, ndak ngandelin gratisan satu bulan ini.

Lihat gambar berikut ini :

2. Klik Menu VPN Remote – Create VPN dan isilah data-datanya, kalau Langsung Viral com siih begini datanya (sesuaikan saja dengan data Om ingin nya bagaimana) :
– VPN Server : VPN Remote US1 (Rp. 1.000)
– Username : [email protected]
– Password : 8Nj*%*************
– Port For Remote : 8291

Catatan : Angka 8291 ini angka port mikrotik di winbox kita masing-masing, bisa dilihat di mikrotik kita di menu IP – Services

Lihat gambar berikut ini :

Coba akurin dengan punya Langsung Viral om, lihat gambar berikut ini :

Kalau sukses nanti akan muncul keterangan : Success: VPN Remote was successfully created. Go back to list or Create new one.

Pilih saja “Go back to list” Lihat gambar berikut ini ketika aksi telah sukses

Dan inilah hasilnya Om, sudah jadi ini :
– VPN Server : VPN Remote US1 (Rp. 1.000)
– Username : [email protected]
– Password : 8Nj**********
– Port For Remote : 8291
– IPVPN : 10.***.***.****
– Port Forward : us-1.hostddns.us:7913 ——– 8291
– Server : us-1.hostddns.us

3. Selanjutnya, kita masuk ke Winbox, klik Menu Interfaces dan Add Interface – Pilih OVPN Client – lalu isi data contoh seperti berikut ini :

Masuk ke Tab Dial out dan isi data berikut ini (ya sesuaikan saja dengan Data yang Om dapat dari hostddns.us

yang perlu diisi itu hanya 3 saja yaitu Connect to, User dan Password.

(di bawah ini hanya contoh, ini punya Langsung Viral com om) :

Dan hasilnya begini, ada huruf R artinya sudah Running, sudah Sukses (kata Om Dimas Al-Faruq di video nya, soalnya Langsung Viral com juga belajarnya dengan melihat video om Dimas. Ada itu di YouTube), kalau malas nyari video nya, ini Video nya om. Juga jangan Lupa Subscribe Channel Langsung Viral dot com ya om, disini.

4. Sampai disini sebetulnya sudah berhasil, sekarang tinggal test saja apakah RB Mikrotik kita sudah bisa di akses dari winbox jarak jauh?

Jika sudah bisa diakses artinya sudah berhasil. Begini caranya :

Masuk Winbox dan di halaman login nya isi data berikut : (ini data punya Langsung Viral com ya, sesuaikan saja dengan data Om – data yang diambil adalah data Fort Forward – yang di merahin itu).

Catatan : yang perlu dirubah itu hanya Connect to nya saja, sedangkan data Login dan password di bawahnya ya tetap sama saja om, yaitu data login & password Winbox Offline sebelumnya.

Catatan : Jika mengalami Error Wrong Username & Password ketika Login Winbox dengan Server US (contoh : us-1.hostddns.us:7913), coba upgrade Winbox om ke versi 3.19. Tadi punya saya juga sempat error wrong username dan password (waktu pakai winbox 3.18), dan lalu ada anjuran dari Om yang punya hostddns.us suruh update winbox nya ke 3.19 dan bisa masuk.

Dan berikut adalah bukti bahwa Catatan ini telah berhasil, bukan hoax.

Demikian, ini hanya catatan saja ya om, semoga bermanfaat. Berikutnya Langsung Viral com akan belajar Cara menyambungkannya dengan Mikhmon. Tunggu ya om, kita juga belajar dulu. (LV – PP)

Tags: #Akses #Cara #Hotspot #Jarak Jauh #Luar Jaringan #Mikrotik #Routerboard #WiFi