Bermata air dari Gunung Galunggung, Sungai Cimerah di Sukaherang berpeluang jadi Objek Wisata

Bermata air dari Gunung Galunggung, Sungai Cimerah di Sukaherang berpeluang jadi Objek Wisata

Langsung Viral com – Alami Asri Sejuk Nyaman lalu Lingkungannya Bersih dari Sampah Rumah Tangga, itulah kondisi Alam di tempat Ngaliwet Leuwi Ikin yang terletak di area Picung, kampung Leuwiseeng Rt.03/09 Desa Sukaherang, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Dulu sebelum terjadi meletusnya Gunung Galunggung pada tahun 1982, keberadaan Sungai Cimerah adalah jauh lebih bersih, lebih jernih kondisi airnya, tetapi sekarang memang airnya sudah semakin kotor karena banyak macam-macam sampah yang dibuang oleh warga / penduduk langsung ke Sungai Cimerah.

Leuwi Ikin adalah salah-satu Leuwi (sebutan istilah untuk area air sungai yang lumayan dalam airnya). Ada banyak leuwi di sepanjang Sungai Cimerah, sebuah Sungai Besar Air Arus Deras yang terbentang memanjang dari Hulu di kaki Gunung Galunggung sampai bertemu dengan Sungai Ciulan (sungai yang lebih besar lagi daripada Sungai Cimerah) dimana itu selanjutnya akan bermuara bertemu dengan Lautan di sebelah Selatan Pulau Jawa.

Secara keseluruhan, pemandangan di Sungai Cimerah adalah sangat menakjubkan dan sungguh indah karena disana masih terdapatnya pohon-pohon rindang di sepanjang pinggir sungainya, sehingga membuat udara sangat terasa fresh dan sejuk. Maka tidak heran bahwa tempat-tempat di pinggir Sungai Cimerah adalah suka dijadikan tempat Ngaliwet oleh Warga sekitar.

Sayangnya keberadaan Sungai Cimerah masih jauh dari lirikan orang yang punya jiwa wirausaha yang bagus. Artinya sebenarnya Sungai Cimerah bisa dijadikan suatu tujuan wisata alam jika sepanjang Sungai Cimerah adalah ditata rapi dan teratur. Sayangnya lagi hal itu belum terjadi.

Memang akan sangat memakan biaya besar untuk menata pinggir sungai cimerah jika mengerjakannya sekaligus karena panjang sungai cimerah itu sangat panjang, lebih dari satu kilo meter, dan melalui banyak rintangan, berupa tebing yang curam dan sebagainya, tetapi jika kita kelola yang wilayah bagian yang datar (tidak bagian tebing) maka itulah spot area yang sebetulnya bisa dijadikan objek wisata sehingga bisa menghasilkan tambahan penghasilan bagi warga sekitar, terutama bagi anak muda yang masih menganggur karena bisa berjualan apa saja yang diperbolehkan di tempat area wisata.

Di spot area Leuwi Ikin contohnya, itu adalah sangat bagus pemandangan alamnya. Ada semacam kebun yang rimbun dengan pepohonan sehingga sangat sejuk dan segar terasa nya walau di tengah hari siang bolong, kami biasa melakukan aktivitas Ngaliwet di pinggir Sungai Cimerah Leuwi Ikin tersebut.

Sayangnya secara keseluruhan, pinggir Sungai Cimerah adalah belum ada gambaran akan ditata. Sehingga peluang ini belum bisa terealisasi dan hanya sebatas diobrolkan saja. (LV – PP)

Tags: #Cimerah #Desa #Galunggung #Gunung #Kabupaten #Kecamatan #Objek Wisata #Peluang #Singaparna #Sukaherang #Sungai #Tasikmalaya