Wisata Air Sungai Air Deras Cimerah di Singaparna Tasik Berpeluang jadi Income Warga Sekitar

Wisata Air Sungai Air Deras Cimerah di Singaparna Tasik Berpeluang jadi Income Warga Sekitar

Langsung Viral com – Jika teman-teman mampir ke Singaparna Tasikmalaya maka teman-teman akan mendapatkan suasana alam yang segar ketika menyusuri suatu Sungai Arus Deras, nama sungai tersebut adalah Sungai Cimerah, entah mengapa dinamakan Cimerah.

Kebetulan sungai cimerah tersebut memang melewati sebelah kampung saya yaitu melewati sisi / pinggir kampung Leuwiseeng Desa Sukaherang Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat.

Saya ingat betul, bahwa dulu, waktu saya masih anak-anak tahun 1988 an, kondisi sungai cimerah adalah lumayan jernih air nya. Anak-anak bahkan dewasa suka mandi di sungai yang nyambung dengan Sungai Ci ulan di sebelah hilir nya tersebut.

Tapi sekarang, kondisi airnya lain lagi, sudah tidak sejernih dulu, banyak sampah di cimerah, karena memang di hulu nya, juga di sepanjang cimerah, suka ada saja masyarakat yang memang buang sampahnya ke Cimerah, di kampung saya saja suka buang sampah ke cimerah karena bingung mau buang sampah kemana, tidak ada TPA dan juga tidak / belum tersentuh mobil pengangkut sampah yang warna kuning itu.

Kalau saya perhatikan, sebetulnya cimerah bisa jadi tempat yang unik dan asyik untuk bermain, alamnya indah, persawahan, tapi sayangnya tidak ada yang peduli dengan pemikiran untuk bagaimana agar cimerah bisa disulap jadi tempat wisata air sehingga bisa menjadi salah-satu sumber mata pencaharian dan sumber penghasilan bagi warga masyarakat sekitar.

Memang harus ada keberanian untuk bergerak dari berbagai pihak, terutama dari aparat pemerintahan setempat untuk selanjutnya menggerakkan warga masyarakat bahwa ada “Harta Karun” terpendam dari Asri dan Indahnya pemandangan Alam sekitar Sungai Cimerah yang bisa bernilai ekonomis jika dikelola bersama-sama. (LV – PP)

Tags: #Air Deras #Cimerah #Income #Jawa Barat #Leuwiseeng #Peluang #Singaparna #Sukaherang #Sungai #Tasikmalaya #Warga #Wisata Air