SALIRA Berhasil Modifikasi Genset Jadi Tidak Berisik dan Tidak Bau Asap Knalpot Motor

SALIRA Berhasil Modifikasi Genset Jadi Tidak Berisik dan Tidak Bau Asap Knalpot Motor

Langsung Viral com – Genset itu identik dengan Berisik Gaduh dan Bau Asap Khas Knalpot Kendaraan. Lalu mengapa tidak banyak yang membicarakan si Suara Berisik Knalpot kendaraan dan si Bau Asap Knalpot kendaraan?

Alasan logisnya adalah karena kendaraan dia berjalan, tidak diam seperti genset. Coba saja ada kendaraan satu jam diam di suatu keramaian sambil dinyalakan mesin nya, Lalu kelihatan oleh banyak orang bahwa si kendaraan tersebut mengeluarkan bau Asap bekas hasil pembakaran mesin dan juga mengeluarkan bunyi yang berisik, mungkin akan banyak orang-orang yang ngomel. Itulah alasan logis nya.

Tapi karena kendaraan hanya sekilas bau asap dan berisiknya (karena cuma lewat), maka kritikan orang akan sebentar juga, sangat beda dengan genset yang terus-terusan ada di tempat. Maka oleh sebab itu, penempatan genset harus secermat mungkin dan diusahakan tidak mengganggu kondisi lingkungan sekitarnya.

Biasanya penempatan genset ditempatkan di tempat yang lumayan jauh dari keramaian orang, tentu saja tujuannya agar tidak terlalu mengganggu pendengaran dan tidak menimbulkan polusi udara banget karena ada asap knalpot si genset itu.

Ada beberapa cara yang sudah dikembangkan oleh Salira Network untuk mengantisipasi Genset yang Berisik dan Genset yang Bau Asap Knalpot, sehingga Genset milik Salira Network nantinya menjadi tidak berisik dan tidak bau asap mesin sepeda motor di lingkungan genset. Cara-caranya adalah sebagai berikut :

1. Untuk menghilangkan Berisik ke orang-orang sekitar, maka buatlah suatu Ruangan Khusus untuk menempatkan genset tersebut. Misalnya ukurannya adalah 1×1 meter persegi. Dimana itu terbuat dari Tembok dan diberi pintu untuk jalan Operator yang akan menyalakan Genset dan yang akan Maintenance Genset. Kemudian ketika Genset beroperasi maka Pintu harus ditutup kembali agar tidak berisik ke lingkungan sekitar.

2. Semua sisi / dinding ruangan genset 1×1 meter diatas adalah ditembok, lalu bagaimana agar genset mendapatkan udara segar untuk proses pembakaran Bensin di mesin, dan bagaimana juga agar genset tidak kepanasan karena ditutup di dalam kotak 1x1m tersebut?

3. Untuk menjawab nomor 2, maka diatas ruangan 1×1 meter tersebut, buatlah dua lobang dengan paralon dan Pipa Besi dengan diameter / besar lobang secukupnya. Misalnya diameter paralon adalah 5 inch dan Pipa Besi adalah 1.5 atau 2 inch.

4. Untuk apa itu Paralon 5 inch dan Pipa Besi 2 inch tersebut?, Paralon 5 inch adalah untuk lobang masuk udara bersih dari atas (dari lantai 1), udara yang masuk ke ruangan genset yang dibantu masuknya oleh dua buah kipas angin di kedua ujung paralon tersebut akan masuk ke ruang genset untuk selanjutnya diolah bersama bensin menjadi bahan bakar. Sementara, pipa besi 1 atau 2 inch adalah untuk sambungan knalpot genset, yang selanjutnya akan ditarik ke atas (ke lantai 1).

Sehingga area genset akan menjadi lebih tenang / tidak berisik karena genset ada dalam suatu kotak khusus dan lalu supply udara ke genset sudah diatur oleh pipa paralon 5 inch yang mengambil udara bersih dari atas sana. Kemudian genset tidak bau asap knalpot karena dari knalpot genset adalah langsung disambung dengan pipa besi 1 s.d 2 inch dan dialirkan ke atas (ke lantai 1) lalu asap akan disebar oleh angin yang bebas ke segala arah, konsepnya persis seperti cerobong asap pabrik, cuma ini ruang lingkup nya kecil. Lihat gambar coretan tangan diatas untuk jelasnya.

Demikian semoga menginspirasi. (LV – PP)

Tags: #Asap #Bau #Berhasil #Berisik #Genset #Knalpot #Modifikasi #Motor #Salira