by

Radio Kabel Salira Sangat Menjanjikan, Berikut ini Daftar Perlengkapan yang Mesti Ada di Ruang Siar

Langsung Viral com – Nggak perlu harus pake Quota Internet untuk sekedar dengar lagu kesayangan di youtube.

Radio Kabel Salira, Bantu Kamu buat Puterin Lagu yang kamu request berdasarkan data lagu di YouTube. Kamu cukup kirim link videonya ke WA kita, kita yang puterin buat kamu !!!

Inilah Ide Gila kami, dimana kami dari Kelompok / Group Salira ingin membangun sebuah Sistem Radio Kabel di lingkungan area RT atau RW kami. Apa itu Radio Kabel?

Radio Kabel adalah suatu teknik menyampaikan Audio baik itu berupa Suara Orang Bicara atau Suara Musik, atau gabungan keduanya, dimana media penyambungnya berupa kabel Audio yang berasal dari Ruang Siar yaitu dari bagian Output Rangkaian Pre-Amp, kemudian kabel audio yang sudah memuat Suara dan Musik tersebut dikirimkan atau disalurkan dan ditangkap oleh penerima di masing-masing rumah. Penerima tinggal menyediakan Speaker Aktif lalu menyambungkan bagian IN speaker aktif ke jack audio milik Stasiun Radio Kabel. Maka suara jernih lagu dan kicauan penyiar pun seketika bisa ditangkap dengan kualitas terbaik (tergantung dari bagus tidaknya rangkaian Speaker Aktif punya masing-masing pendengar).

Ada beberapa peralatan inti yang harus disiapkan oleh penyelenggara Radio Kabel Tingkat RT atau Tingkat RW, yaitu :

1. Dua buah Laptop Khusus Backup Lagu format MP3 yang gantian hidup 12 jam setiap hari (karena Radio Kabel kami ini akan Aktif Full Time 24 Jam memutarkan Lagu-lagu request pendengar yang mereka inginkan di YouTube. Dan setiap Lagu akan kami sisip-kan dengan Kata-kata Mutiara atau Kata-kata Bijak atau Kata-kata Ilmu pengetahuan yang terus kami update bertambah koleksi kata-kata mutiara dan kata-kata motivasi nya).

2. Koneksi Internet untuk Bisa Play Musik langsung dari YouTube (sesuai dengan request pendengar yang mengirimkan link musik youtube ke Admin di Ruang Siar)

3. Mixer dan atau Amplifier

4. Microphone

5. Headphone

6. Smartphone khusus yang hanya di install WhatsApp untuk handle request lagu (karena permintaan lagu hanya dilayani via Nomor WhatsApp, bahkan Pengelola Radio Kabel bisa membuat Suatu Group WhatsApp untuk bisa berinteraksi dengan pendengar).

7. Beberapa tambahan Power Amplifier untuk penguat signal audio ke pendengar

8. Belasan / Puluhan Meter Kabel Audio untuk penghubung siaran audio ke pendengar di masing-masing Rumah.

Sebenarnya masih banyak lagi kebutuhan untuk membangun suatu Radio Kabel, tapi yang nampak jelas adalah segitu saja dulu.

Lalu Apa Untungnya untuk Pendengar dan lalu Apa Untungnya untuk pemilik Radio Kabel?

Keuntungan untuk pendengar :

1. Bisa request / minta di puterin lagu yang dia temukan di youtube. Cukup kirim link youtube nya ke wa studio radio kabel, maka lagu yang diminta akan diputar. Jadi pendengar tidak perlu boros quota internet untuk hanya sekedar ingin mendengarkan lagu kesayangannya yang dia temukan di youtube.

Keuntungan untuk pemilik Radio Kabel :

1. Jangan dulu membicarakan keuntungan, sebelum Pengelola Radio Kabel tersebut punya minimal 100 pelanggan setia (tetap) yang ikut tersambung me-relay ke jaringan Radio Kabel kita.

Jika proyek ini sukses berjalan dan banyak yang ikut me relay, maka Insya Allah, kami yakin kedepannya akan ada yang Meniru model unik begini.

Dalam prakteknya, acara Live diputerin lagu kesayangan dari youtube tersebut adalah dari Jam 20.00 s.d 22.00 (2 Jam), kalau bisa request setiap saat, kecapean saya nya, masih dikelola sendirian, heee. Jadi selain jam itu, maka radio kabel akan memutar lagu-lagu koleksi dari hard disk laptop yang diselingi dengan rekaman kata-kata mutiara, motivasi dan ilmu pengetahuan.

Tasikmalaya, 12 Februari 2019
a.n SALIRA Musik
Pipih Pirmansyah

Comment

Artikel Video Viral terkait lainnya