Belajar Mina Padi dari Pak France Hero Making (Penyuluh Perikanan di Pakem Sleman Yogyakarta)

Belajar Mina Padi dari Pak France Hero Making (Penyuluh Perikanan di Pakem Sleman Yogyakarta)

Sumber: Channel Youtube Sulthon Mursid

Langsung Viral com – Sistem Pertanian dan Perikanan Mina Padi (Minapadi) adalah bisa menggunakan Ikan Nila sebagai Ikan yang ditebarnya. Informasi bahwa Sifat Ikan Nila itu adalah Menentang Arus, bukan mengikuti arus. Berbeda dengan Ikan Lele dan Ikan Mas yang sifatnya Mengikuti Arus, terang pak France.

Pak France atau Nama Lengkapnya France Hero Making adalah sebagai Penyuluh Perikanan di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Beliau Aslinya dari Flores, tetapi sekarang menjadi menetap di Yogyakarta.

Ada beberapa Manfaat atau Kelebihan atau Keuntungan dari Bertani menggunakan Sistem Mina Padi yaitu :

1. Mina Padi yang dicontohkan oleh Pak France ini adalah menggunakan Sistem Tanam Jajar Legowo, Kata Pak France, Produktivitas Padi akan meningkat menggunakan sistem tanam padi Jajar Legowo ini karena Sinar Matahari dapat masuk secara lebih baik lagi ke Area sawah sehingga tanaman padi akan tumbuh lebih subur / lebih baik lagi.

2. Pola Tanam Padi dengan Sistem Jajar Legowo selanjutnya dimanfaatkan dan digunakan di Usaha Minapadi yaitu dengan diisi ikan sambil menanam Padi sebagai usaha inti. Untuk Ikan yang ada pada Mina Padi, itu ada sistem pembesaran juga ada Sistem Pendederan. Kalau sistem pembesaran, mulai menebar benih ikan terus nanti panen ikan nya ketika ukuran konsumsi sehingga nanti disamping panen padi juga akan panen ikan (untuk pembesaran ikan ini adalah hanya bisa satu siklus saja mengikuti saku kali siklus tanam padi). Tetapi jika petani menggunakan Sistem Ikan Pendederan, maka itu bisa dua sampai tiga kali selama satu waktu panen padi, biasanya Tiga Minggu sekali kolam sawah akan dikuras airnya dan lalu dipanen ikan hasil pendederan nya, kemudian selang tiga hari kemudian, dimasukkan lagi air. lalu diberi pupuk kemudian dilakukan menebar ikan lagi, jadi kalau pendederan itu ketika panennya adalah berupa Benih Ikan, katanya.

Padi yang biasa digunakan untuk Mina Padi adalah jenis Padi Sembada Merah atau Padi Sembada Hitam. Jenis Padi tersebut merupakan Jenis Padi Unggulan Lokal di Sleman Yogyakarta, ungkapnya. Sedangkan umur pemeliharaan Padi Sembada Merah pun Sembada Hitam adalah 90 sampai dengan 110 hari sejak mulai awal tanam.

Dengan Sistem Mina Padi, jenis Padi Sembada Merah dan Sembada Hitam ini bisa menghasilkan Gabah Kering sebanyak 9 (Sembilan) Ton dari Satu Hektar Lahan Sawah. Tetapi jika tidak dengan Mina Padi, maka hasilnya biasanya hanya 6 Ton saja dalam setiap satu hektar lahan sawah padi, sambungnya.

Tentang Ukuran Tanam Padi Jajar Legowo : Tanam Padi biasa itu 20×20 cm untuk antar baris, tapi dengan Tanam Jajar Legowo maka satu baris dihilangkan (tidak ditanami padi) tapi kemudian tanaman padi akan disisipkan berdempetan dengan tanaman padi sebelumnya (lihat video diatas untuk memahaminya).

Lembar Kolam Utama adalah Dua Meter (dari pematang sawah), sedangkan Kedalaman nya antara 80 – 100 cm. Kemudian, lebar kolam pinggir adalah 1 meter dengan kedalaman 60 – 80 cm. Tetapi akan lebih bagus lagi jika lebar kolam pinggir pun adalah 2 meter (sama dengan kolam utama) agar Hama Tikus menjadi lebih kesulitan masuk ke tengah sawah. Jadi yang membedakannya adalah kedalaman kolamnya, kedalaman kolam pinggir 60-80 cm. Sedangkan kedalaman kolam utama 100 cm.

Perlu diperhatikan juga bahwa Tinggi Air di kolam Sawah Mina Padi adalah jangan sekali-kali melebihi Ketiak padi karena dapat menghambat pertumbuhan padi bahkan dapat merusakan tanaman padi.

Awal menyebar Ikan ke Kolam Mina Padi adalah setelah Padi berusia 7-10 hari sejak awal tanam padi tersebut. Dan soal panen ikan nya, maka itu bisa ada dua pilihan, (1) mau ikan nya dipanen duluan lalu di hari kemudian baru padinya menyusul dipanen, itu boleh, atau juga (2) ikan nya dibiarkan tetap ada (tidak dipanen) lalu padi nya saja yang dipanen, maka itu juga boleh, dilihat situasu kondisi dan keinginan setiap petani saja.

Soal Pupuk Kimia untuk Kolam Sawah Mina Padi adalah hanya pupuk pertama / awal saja, yaitu pupuk lengkap NPK PHONSKA dan tidak ada (atau belum ada) penyemprotan pestisida di kolam percontohan punya nya Pak France itu.

Dengan Mina Padi, Hama Tikus menjadi lebih berkurang bahkan menjadi tidak ada tikus karena tikus tidak mau berenang sejauh satu meter. Jadi padi lebih aman dari hama tikus. Lebih hebat lagi jika lebar kolam nya misalnya di setiap pinggir adalah dua meter (dengan sistem Kolam Dalam sedalam 1 meter) maka tikus akan berpikir sepuluh kali sebelum masuk ke lahan kolam sawah Mina Padi.

Pelataran sawah dengan sistem Mina Padi adalah menjadi bersih dari Gulma-gulma karena Gulma-gulma sudah habis dimakan ikan. Kemudian, Hebat nya lagi, Ikan juga memakan Hama Wereng jadi untuk Hama Wereng menjadi tidak ada karena langsung dimakan ikan-ikan yang ada di kolam sawah mina padi.

Sebaiknya, Kolam Ikan Mina Padi juga dilengkapi Jaring Burung agar Burung Pemakan Padi dan Burung Pemakan Ikan menjadi kesulitan menembus ke kolam sawah Mina Padi kita. (LV – PP)

Tags: #Belajar #France Hero Making #Mina #Mina Padi #Minapadi #Padi #Pakem #Penyuluh #Perikanan #Sleman #Yogyakarta