Singaparna Tasik Jabar Rawan Mati Listrik PLN, Terus Bagaimana?

45 views

Singaparna Tasik Jabar Rawan Mati Listrik PLN, Terus Bagaimana?

Langsung Viral com – Jika tidak percaya bahwa wilayah Singaparna itu memang sering Mati Listrik PLN, teman-teman bisa bertanya-tanya kepada penduduk setempat, warga di kecamatan Singaparna terutama di Desa-desa yang memang sedikit jauh dari “kota” nya Singaparna. Contoh Desa Sukaherang, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Kabar MLM (dari Mulut ke Mulut) memang sudah bukan rahasia lagi bahwa Sering terjadi Mati Listrik jika wilayah tersebut bukan wilayah yang bukan Basis Industri, maka akan terasa banget sering mati listrik PLN. Teman-teman bisa menganalisa nya secara Fakta dan real di lapangan dan juga menggunakan Logika Jernih, bahwa Apa Jadi nya dan Akan Bagaimana Reaksi para Bos Besar pemilik Industri (Pengusaha) jika ternyata sering mati listrik yang berakibat Fatal kepada keberlangsungan Operasi Usaha nya?

Sehingga, di kenyataan di lapangan akan sangat jarang sekali mati listrik PLN jika wilayah area tersebut adalah memang Komplek Industri karena tuntutan listrik yang harus standby ON, beda cerita dengan di lingkungan warga masyarakat Kumuh. Saya yakin Teman-teman bisa membayangkan nya?

Lalu bagaimana Solusi dengan Sering terjadinya mati listrik PLN di lingkungan penduduk, yaitu di lingkungan yang tidak ada banyak aktivitas Produksi Industri disana?

Ada beberapa jalan keluar untuk hal itu, yang pasti bukan Ngadu ke PLN untuk Memohon Jangan Sering Mati Listrik karena diprediksi akan sulit dicapai aduan harapan kita. Tapi kita bisa berusaha sendiri-sendiri yaitu dengan menyediakan beberapa Alat Backup Listrik ketika terjadi Listrik PLN Mati.

Beberapa Alat Supply Listrik Pengganti Listrik PLN yang kebetulan sedang Mati, adalah sebagai berikut :

1. Generator Set (Genset)

Ya, Generator Listrik atau boleh juga disebut Generator Set (Genset) ini adalah pilihan pertama dan utama, saya lebih memilih Merk MultiPro karena kata teman saya yang berprofesi sebagai seorang Teknisi Genset dan teknisi Mesin-mesin Industri (Konsultan), dia merekomendasikan Merk MultiPro. Ingat dia bukan orang MultiPro atau bermaksud mempromosikan MultiPro ya, saya kebetulan tanya dia di pesan pribadi, dan dia menyarankan beli genset nya dari Merk MultiPro. begitu teman-teman.

2. UPS (Uninterruptible Power Supply)

Sebenarnya, UPS ini adalah untuk membackup perangkat elektronik kita ketika pas mati listrik PLN, sebelum nantinya di backup oleh Genset (Generator Set). UPS kan cuma bisa tahan 10-20 menit saja, nah, ketika mati listrik nya sedikit lama (tidak kunjung hidup listrik PLN nya), maka siap-siap mulai Operasikan Genset yang di colok ke UPS itu tadi. Begitu teman-teman.

Tapi bisa juga memang banyak di pasaran alat Generator Listrik (Genset) yang sudah dipasang Alat Otomatis Relay nya yaitu ketika Listrik PLN Mati, maka Genset akan otomatis Hidup dan ketika Listrik PLN mulai Hidup lagi, maka Genset nya akan otomatis Mati. Cari saja, banyak koq di Toko Online seperti Bukalapak atau Tokopedia atau datang saja langsung ke Toko Genset yang lengkap di Kota teman-teman masing-masing terus tanya hal demikian.

3. Panel Surya (Menggunakan Sinar Matahari)

Memang keren dan bagus, tapi untuk sampai sekarang itu masih mahal dibeli perangkat nya sih ah. Jadi, sepertinya pilihan yang cocok itu adalah Nomor 1 lalu jika punya dana lebih dipadukan dengan Nomor 2. Kalau nomor 3 (Panel Surya) kita pikir-pikir dulu lah kawan.

Selamat merenung, semoga tulisan artikel ini menginspirasi. (LV – PP)

Tags: #Jabar #Jawa Barat #Listrik #Mati #PLN #Rawan #Singaparna #Tasik #Tasikmalaya