by

Ruang Arsip Data dan Alat SALIRA, ToolBox Raksasa Ukuran Luas 2×2 Meter

Langsung Viral com – Suatu ketika kami dipusingkan dengan hilangnya suatu barang / alat yang kebetulan saat itu sangat diperlukan. Dicari-cari tidak ketemu juga itu alat. Itu adalah pengalaman menjengkelkan dan sangat tidak menyenangkan. Dan itu terjadi karena Sistem penyimpanan Alat kami memang belum bagus. Jadi, menyimpan barang dan alat tidak pada tempatnya, asal taruh saja, akhirnya ketika dibutuhkan sulit dicari karena lupa menaruhnya dimana.

Dari pengalaman tidak menyenangkan diatas maka muncullah ide untuk akan membuat suatu Ruangan Khusus untuk penyimpanan barang / alat / perkakas / data penting dalam satu tempat dengan penamaan barang sedemikian rinci dan posisi letak barang yang harus terpetakan. Sebagaimana di foto atas, teman-teman bisa melihat bahwa itu adalah cikal bakal ruangan khusus untuk menyimpan perkakas kami. Sehingga semua alat-alat teknis adalah disimpan di ruangan itu dengan struktur data yang jelas letaknya untuk setiap barang.

Nantinya, Ruangan tersebut layaknya sebuah ToolBox tapi kami buat dengan sangat besar yaitu seukuran Kamar dengan luas 2 x 2 meter. Semua barang atau alat akan diberikan Nama dan letaknya akan jelas terbaca di peta. Sehingga orang / pekerja akan sangat mudah mendeteksi barang yang akan dicari juga akan memudahkan penjaga untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi / keberadaan alat / barang apakah sedang ready nganggur ada di tempatnya atau sedang di luar (ada yang sedang memakainya)?

Jadi teringat dengan masa-masa sewaktu di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Tasikmalaya (SMKN2 Tasikmalaya), dimana di Ruangan Praktek Otomotif adalah memang ada ToolBox khusus yang berisi barang / alat / perkakas Otomotif dengan diberikan nama untuk setiap alat tersebut. Para siswa (waktu itu) adalah menjadi sangat mudah ketika membutuhkan suatu alat dan juga memang sangat mudah melihat dengan sekilas mata tentang alat apa saja yang ternyata kosong / sedang tidak ada di tempatnya. Maka jika itu terjadi, Guru akan bertanya ke murid-murid menanyakan dimana Barang A? dimana Barang B?, Siapa yang sedang memakai sekarang? – begitu tanya Guru ke Siswa jika ternyata ketahuan ada alat perkakas otomotif yang tidak ada di tempatnya padahal Sesi Waktu Praktek sudah berakhir, karena seharusnya seluruh alat sudah ditempatkan di tempat semula jika praktek sudah selesai.

Sekali lagi, Semua akan didata dan dipetakan di selembar kertas dan di tempel di depan Ruangan tersebut. Demikian cara kami untuk bagaimana kami mulai belajar teratur dalam bekerja dan berkarya untuk LangsungViral.com Salira Network ini. (LV – PP)

Comment

Artikel Video Viral terkait lainnya