Ronda Leuwiseeng Tambah Padam, Listrik ke Pos Ronda Mati

124 views
Ronda Leuwiseeng Tambah Padam, Listrik ke Pos Ronda Mati

Listrik ke Pos Ronda Leuwiseeng Mati

Langsung Viral com – Ronda Malam adalah kegiatan Warga untuk menjaga keamanan wilayah kampung / dusun nya dari bahaya pencurian dan kejahatan – kejahatan lainnya yang mungkin saja bisa terjadi di wilayah tersebut. Ronda Malam juga membantu Warga yang membutuhkan pertolongan pertama ketika kesusahan mendadak, misalnya ada warga yang Lahiran atau ada Warga yang Sakit keras dan harus segera dilarikan ke Rumah Sakit pada saat itu juga, dan lain sebagainya yang menyangkut hajat keperluan warga masyarakat. Maka yang bagian Ronda Malam siap siaga membantu warga laksana Petugas Keamanan / Satpam suatu Komplek Perumahan.

Tetapi, sudah menjadi Rahasia Umum bahwa kegiatan Ronda Malam yang biasanya berlangsung di Pedesaan-pedesaan (karena jika di Perkotaan sudah mulai Langka), itu adalah Hidup dan Mati. Kadang muncul kadang tenggelam. Biasanya Ronda Malam akan diaktifkan lagi ketika terjadi Pencurian yang menghebohkan warga masyarakat atau ketika ada isu keamanan yang extreme, kemudian ketika Keamanan di Kampung tersebut terkendali, maka Ronda Malam tidak Aktif.

Sebenarnya ada hal yang lebih Indah lagi dari Apa itu Manfaat Aktivitas Ronda Malam, tidak hanya berfungsi sebagaimana diceritakan diatas yaitu untuk Benteng Pengamanan Keamanan Suatu Kampung, tetapi lebih dari itu. Ronda Malam adalah berfungsi sebagai Sarana dan Alat serta Cara untuk Bagaimana semua Warga bisa lebih mudah dan hangat untuk Belajar Berkomunikasi dan mengenal antara satu warga dengan warga yang lain. Artinya, ketika melakukan aktivitas Ronda Malam, maka warga yang kebagian Jaga akan berinteraksi / ngobrol satu sama lain sehingga tercipta dialog yang semoga dengan obrolan tersebut menjadi tambah wawasan, tambah pengalaman, tambah pengetahuan dan tambah dekatnya hubungan sosial antar warga.

Setelah melakukan pengecekan wilayah kampung secara berkala, Saya sendiri paling senang jika ketika Tugas Ronda Malam adalah diisi dengan Ngobrol Hangat tentang Pengalaman masing-masing Individu di masa lampau. Menceritakan kisah / kejadian ketika usia anak-anak, usia muda tentang kondisi alam sekitar disana, juga saling bercerita tentang pengalaman hidup setiap orang yang hadir Ronda, serasa dibawa ke Masa Lampau dan itu adalah sungguh menjadi suatu kesenangan dan juga menjadi bertambah rasa Syukur kepada Allah SWT karena sampai saat ini kami masih diberikan kepercayaan umur untuk masih berada di dunia ini beribadah kepada Allah SWT. Itulah tujuan utamanya.

Malam tadi, yaitu malam Ahad / Minggu (29/12/2018) kebetulan saya bagian Ronda, dan melihat Listrik di Pos Kamling Mati, saya coba cek dengan menyalakan Pesawat TV juga mati, dan menyalakan Saklar lampu (lampu dalam dan lampu luar juga mati).

Ada Tiga Pos Kamling di Kampung Leuwiseeng, Nah yang Listrik nya Mati itu adalah Pos Kamling yang ada di Wilayah RT.03 RW.09 Kampung Leuwiseeng, Desa Sukaherang, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Sejauh ini belum diketahui penyebab Matinya listrik ke Pos Kamling itu, karena semalam yang hadir Ronda cuma seorang yaitu saya, maka saya kesulitan untuk melakukan pengecekan sumber listrik yang putus (jika dilakukan sendirian) dan juga tidak ada respon dari Warga yang lain tentang Mati nya Listrik ke Pos Kamling itu, seakan tidak peduli dengan hal demikian. (LV – PP)

Tags: #Jawa Barat #Leuwiseeng #Listrik #Mati #Padam #Pos #Pos Ronda #Ronda #Singaparna #Sukaherang #Tasikmalaya