Kolam Sawah Ujicoba Mina Padi Salira Leuwiseeng Sukaherang Singaparna Tasikmalaya

Kolam Sawah Ujicoba Mina Padi Salira Leuwiseeng Sukaherang Singaparna Tasikmalaya

Langsung Viral com – Hari kemarin yaitu tanggal 28 Desember 2018, Kami dari LangsungViral.com berkunjung ke Suatu Tempat Unik hal Usaha Pertanian dan Perikanan yaitu Tempat Ujicoba Proyek Mina Padi (Minapadi) Salira, yang beralamat lengkap di Kampung Dusun Leuwiseeng Rt.03 Rw.09, Desa Sukaherang, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya 46413, Provinsi Jawa Barat.

Proyek Ujicoba Mina Padi itu adalah punya nya Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng (www.salira.co.id) dimana seluruh dana nya adalah dari Dana Pribadi Kelompok. Disana terdapat suatu tempat area seluas sekitar 520 meter persegi atau 37 bata, terletak dan masuk ke Kawasan Wilayah Persawahan Salakaso dengan alamat sebagaimana disebutkan diatas.

Kolam Sawah Salira tersebut sudah dibenteng sekelilingnya dengan menggunakan Bata Press, dan lalu diberi kawat pengaman diatas bentengnya. Dengan harapan semoga dapat meminimalisir Bahaya Predator seperti Predator Linsang atau Musang Air atau Orang sunda menyebutnya Sero juga Predator Biawak yang kerap kali datang secara tiba-tiba muncul dari arah Sungai Cimerah, sebuah Sungai Besar Arus Deras yang berada membentang memisahkan pemukiman penduduk leuwiseeng dengan persawahan Salakaso.

Untuk pengetahuan, Sungai Cimerah tersebut bersumber hulu nya dari wilayah Gunung Galunggung, kemudian terus mengalir ke hilir, lalu bertemu dengan Sungai Ci Ulan yang pada akhirnya bermuara dan sampai di Laut Selatan dekat Cipatujah sana (masih di kabupaten Tasikmalaya).

Mina Padi itu adalah merupakan bentuk Gabungan Usaha Peternakan Ikan dengan Pertanian Padi. Jadi Minapadi itu cara seseorang untuk memelihara ikan dan lalu menanam padi dalam Area yang sama dan juga dalam waktu yang bersamaan.

Jadi dengan Minapadi maka para petani akan mendapatkan double penghasilan / pendapatan yaitu Penghasilan dari Panen Ikan dan juga pendapatan dari Panen Padi.

Ada banyak sekali keunggulan Bertani Padi dengan teknik Mina Padi ini. Artinya akan lebih banyak keunggulannya Petani yang menanam Padi dengan cara Mina PAdi daripada Petani yang menanam Padi saja tanpa MinaPadi (tanpa mengurus ikan di sawah padi nya).

Di banyak sumber di Internet juga sudah sangat banyak orang yang menjelaskan tentang keunggulan Minapadi ini. Yang pada intinya adalah dengan Mina padi, maka padi akan lebih subur dan lebih berkurang dari serangan hama-hama padi seperti misalnya Hama Wereng karena Hama Wereng akan menjadi santapan ikan. Artinya Hama Wereng nya Habis dimakan Ikan yang mondar-mandir berkeliaran di perairan Kolam Sawah Padi para Petani.

Selain itu, dengan Mina Padi maka akan lebih menghemat penggunaan pupuk Urea dlsb (Pupuk Kimia) bahkan sebagian Petani Mina Padi adalah sudah tidak memakai Pupuk Kimia seperti Urea tersebut, karena Padi sudah di pupuk (secara otomatis) oleh Kotoran Ikan. Luar biasa Mina Padi.

Tidak hanya itu, sebenarnya masih banyak keunggulan mina padi, teman-teman tinggal lihat saja video-video di youtube dengan cara mengetik kata kunci “Keunggulan dan Keuntungan Mina Padi Minapadi” di kotak pencarian YouTube, maka akan muncul Ratusan video yang menjelaskan hal ini.

Oke, diatas adalah video liputan kami di Kolam Sawah Ujicoba Mina Padi Kelompok Tani Ternak Salira Leuwiseeng Sukaherang Singaparna Tasikmalaya Jawa Barat. Selamat menonton. (LV – PP)

Tags: #Kolam #Leuwiseeng #Mina #Mina Padi #Padi #Salira #Sawah #Singaparna #Sukaherang #Tasikmalaya #Ujicoba