Minapadi, Program Pertanian Yang Paling Dibutuhkan Rakyat Jelata

136 views

Minapadi, Program Pertanian Yang Paling Dibutuhkan Rakyat Jelata

Langsung Viral com – Alangkah bahagianya jika keluarga kita tidak kurang beras sehat dan juga tidak kurang lauk pauk (daging ikan). Tentu hal itu adalah harapan setiap orang. Tetapi di belakang harapan tersebut, ada yang berusaha keras untuk berusaha menggapainya, ada pula yang hanya sebatas harapan, dalam artian dia tidak action berjuang dan hanya berdo’a saja, itu juga tidak benar, karena Pepatah Islam bilang: Usaha Tanpa Do’a adalah suatu Kesombongan dan Do’a Tanpa melakukan Usaha adalah Omong Kosong” jadi harus beriringan selaras antara do’a dan usaha / ikhtiar.

Dalam dunia pertanian, ada yang disebut dengan Mina Padi, sebenarnya Minapadi ini sudah ada di tengah masyarakat, namun karena kurang nya sosialisasi kepada masyarakat luas lain nya, baik oleh Media maupun oleh Pemerintah, maka istilah Minapadi ini banyak yang baru dengar, hal itu wajar karena Sumber Daya Manusia di kita adalah memang baru sampai sana.

Mina Padi adalah gabungan usaha memelihara ikan bersamaan dengan menanam padi dalam satu tempat dan satu waktu, satu kesempatan.

Jadi dengan Program Pertanian Mina Padi ini maka petani akan mendapatkan dua keuntungan yaitu Petani akan mendapatkan Ikan hasil panen juga tentunya mendapatkan Padi nya nanti.

Sebagai informasi bahwa untuk luas area Mina padi seluas 1000 Meter persegi (atau sekitar 71 Bata [sunda] – 1 Bata adalah 14 m2), maka akan didapatkan hasil panen : Ikan sebesar Rp. 3.5 Juta juga akan dapat Panen Padi sebanyak 1.5 Juta. Jadi total ada sekitar Lima Juta (per sekali siklus panen – 3 bulan) penghasilan petani jika luas lahan nya ada 1000 m2 atau 71 bata.

Jika kita perhatikan kolam ikan Mina Padi, maka ada semacam Jaring yang membungkus area sawah dimaksud, itu adalah untuk meminimalisir hama burung yang suka makan padi (biasanya burung pipit) dan juga ada burung yang suka makan ikan juga (yaitu contoh Burung Hurang [sunda]). Maka dipasanglah alat jaring tersebut di atas area persawahan itu.

Berikut ini tambahan video yang berhubungan dengan Mina Padi :

video sudah tidak ada.

Oke, sukses selalu untuk Teman-teman Petani semuanya di Indonesia.(LV – PP)

Tags: #Jelata #Mina Padi #Minapadi #Pertanian #Program #Rakyat