Singaparna Rawan Mati Listrik PLN, Home Industri Perlu Investasi Genset

107 views

Singaparna Rawan Mati Listrik PLN, Home Industri Perlu Investasi Genset

Langsung Viral com – Semua masyarakat juga sudah tahu bahwa Ya di Kecamatan Singaparna adalah memang sering terjadi mati listrik PLN. Tentunya ini adalah hal yang kurang baik untuk Warga yang memiliki Usaha Rumahan (Home Industry) yang memang memerlukan Listrik dalam operasionalnya.

Kami tidak mencontohkan seseorang atau sebuah Home Industry, tetapi kami akan buat artikel ini dari kolektif kebanyakan perasaan warga tentang seringnya mati listrik PLN di Singaparna Tasikmalaya Jawa Barat. Dengan sering mati nya listrik PLN, maka para pelaku usaha rumahan menjadi berpikir mencari solusi agar pasokan daya listrik tetap ada berjalan walau ketika Listrik PLN Mati.

Ada beberapa alternatif pemberi daya listrik selain Listrik PLN, kami menyebutnya disini hanya tiga saja, diantaranya adalah (1) Teknologi Solar Cell (2) Inverter DC to AC dan (3) Genset Diesel atau Bensin.

Pertama, Untuk Teknologi Solar Cell adalah memang yang termurah jika menghitungnya jangka panjang, karena sumber listrik adalah didapat dari Sinar Matahari yang memang Gratis untuk ditangkap siapa saja manusia (asal punya alat menangkapnya), nah kendalanya adalah Harga perangkat untuk Teknologi Solar Cell ini adalah sungguh tidak murah alias Mahal. ya harga nya masih mahal jika ingin meng handle listrik pasokan satu rumah misalnya dengan Daya 900 Watt. Tapi jika hanya untuk satu buah lampu penerangan saja sih masih mendingan bisa terbeli masyarakat, tetapi untuk Perangkat Komplit Teknologi Solar Cell untuk 900 Watt (misalnya) sungguh belum murah harga nya. Maka untuk Teknologi Solar Cell ini adalah masih jarang digunakan oleh masyarakat umum menengah ke bawah. Mereka harus berpikir empat kali jika harus membeli alat-alat Teknologi Solar Cell ini karena masih mahal nya tersebut.

Kedua, untuk teknologi Inverter DC to AC juga disimpulkan banyak pihak adalah memang masih mahal juga untuk investasi pembelian alat-alatnya sampai lengkap, bisa tembus Sepuluh Juta lebih untuk Daya 900 Watt ke atas. Maka, untuk Inverter DC to AC ini (atau tepatnya lebih mengarah ke fungsi UPS) juga masih sangat jarang orang memakainya karena investasinya adalah memang masih mahal.

Kemudian yang Ketiga yaitu yang terakhir adalah Genset Diesel atau Bensin. Nah untuk yang satu ini dirasa lebih Murah untuk biaya operasionalnya. Karena ini kan untuk Alat backup saja (Emergency, jaga-jaga ketika listrik PLN Mati), jadi Genset ini akan difungsikan hanya ketika terjadi padam listrik PLN.

Seorang sahabat saya di Bogor yang kebetulan seorang Teknisi Mesin-mesin Industri memberikan saran bahwa untuk Genset rumahan adalah cukup menggunakan yang daya 1.000 Watt. Dan merk yang direkomendasikan adalah dari Merk MultiPro. Kita bisa mencarinya di kotak pencarian Google dengan kata kunci misalnya : Mesin Genset Listrik 1000 Watt GG-1000/2SW Multipro GG 1000/2SW

Maka akan muncul beberapa pelapak penjualnya dengan harga sekitar 1.200.000,-

Semoga bahasan artikel ini bisa membantu dan menjadi solusi teman-teman semua yang jengkel dengan sering mati listrik PLN. (LV – PP)

Tags: #Genset #Home Industri #Investasi #Jawa Barat #Listrik #Mati Listrik #PLN #Rawan #Singaparna #Tasikmalaya