Jika Diizinkan, Barvic Siap Sulap Selokan Picung Jadi Tempat Budidaya Ikan, Dijamin Tidak Mampet

Jika Diizinkan, Barvic Siap Sulap Selokan Picung Jadi Tempat Budidaya Ikan, Dijamin Tidak Mampet

Langsung Viral com – Menurut Islam, Hari Jum’at adalah Hari Terbaik dalam setiap Minggu, Jadi Yaumul Jum’ah itu adalah Sayyidul Ayyam. Dan hari ini yaitu Hari Jum’at tanggal 14 Desember 2018, tercetuslah idea tentang keinginan Barvic (kependekan dari Barudak Picung) untuk ingin menyulap Selokan Picung menjadi Tempat Budidaya Ikan Air Tawar.

Prospeknya lumayan bagus, karena air di selokan tersebut sangat aktif mengalir dan terkategori air dengan arus sedang (besar tidak, kecil juga tidak si laju arus air nya). Didukung dengan sumber mata air yang berlimpah ruah dari hulu nya, maka diperkirakan bahwa akan sangat bagus dan potensial jika warga bisa memelihara ikan di selokan Picung yang beralamat lengkap di Kampung Leuwiseeng Rt.03 Rw.09, Desa Sukaherang, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya 46413, Provinsi Jawa Barat itu.

Cuma masalahnya ada banyak orang yang tetap merasa khawatir bahwa jika selokan picung tersebut dijadikan tempat memelihara ikan maka orang khawatir air akan tersumbat yang akhirnya menghambat air yang masuk ke Pesawahan Picung. Itulah satu-satunya kekhawatiran banyak orang (terutama) para pemilik Sawah di Persawahan Picung itu.

Tetapi jika dilihat secara kondisi selokan, maka Barvic bisa saja mengatur sedemikian rupa agar supaya Air Masuk sama dengan Air Keluar, jadi tidak ada lagi kekhawatiran tentang Khawatir air tersumbat / tersendat ke Pesawahan Picung.

Satu lagi, orang mungkin mengkhawatirkan juga tentang bagaimana jika terjadi Air Tumpah Ruah ketika Hujan Besar tiba?, solusinya adalah dengan sistem pengaturan buka tutup di paralon masuk selokan tersebut. Juga terdapat paralon-paralon jumbo di hilir selokan (di ujung selokan) yang hanya akan beroperasi secara otomatis ketika permukaan air meluber kebanyakan, maka air akan masuk ke paralon-paralon Super Jumbo tersebut.

Jadi sebetulnya tidak ada lagi yang perlu di khawatirkan apalagi Hajat ini adalah hajat bersama yaitu dikelola oleh Para Pemuda Pemudi Barvic (Barudak Picung) yang tentunya mereka akan terus berinovasi dan mencari jalan keluar yang terbaik agar tidak sampai terjadi hal-hal yang dikhawatirkan sebagaimana dibahas diatas.

Sekarang, tinggal bagaimana apakah para Pembesar pemilik Sawah di Persawahan Picung dan Sawah-sawah sekitarnya mengizinkan hal keinginan Barvic ini atau tidak? (LV -PP)

Tags: #Barudak #Barvic #Budidaya #Ikan #Izin #Jawa Barat #Leuwiseeng #Picung #Selokan #Siap #Singaparna #Sukaherang #Sulap #Tasikmalaya