Hati-hati Penipuan, Jangan Mau Dibuatkan Invoice oleh Pelapak, Terus dia Minta-minta Nama, Alamat, No HP, Norek Bank Kita

Hati-hati Penipuan, Jangan Mau Dibuatkan Invoice oleh Pelapak, Terus dia Minta-minta Nama, Alamat, No HP, Norek Bank Kita

Langsung Viral com – HATI-HATI INVOICE PALSU – Kejadian Penipuan ini hampir menimpa teman saya. Jadi teman saya hampir kena penipuan penjual / pelapak di suatu toko online ternama (tidak perlu saya sebutkan nama toko online marketplace nya).

Cerita singkatnya begini, teman saya melihat suatu promo jual barang murah dari suatu pelapak yang ngakunya lagi cuci gudang katanya.

Karena harganya sangat murah daripada harga standarnya, maka teman saya menjadi tertarik dan lalu menghubungi penjual tersebut lewat inbox (karena si penjual nyuruhnya hubungi di inbox).

Ketika deal akan jadi mau beli, ternyata sistem pembayaran yang diterapkan si penjual tidak mengikuti aturan main toko online marketplace tersebut, si penjual malah minta data teman saya. Si penjual minta data Nama, Alamat, No. Tlp., No. Rekening, Nama Bank, katanya data calon pembeli itu untuk membuatkan invoice nya.

Untungnya teman saya tidak langsung percaya lalu tersadar dan lalu berpikir merasa ada yang aneh.

Asal tahu saja, bahwa untuk di toko online marketplace, pembuatan invoice itu adalah dibuat di sisi pembeli, bukan dibuat oleh penjual.

Dan asal tahu saja, kalau kita sudah punya akun di suatu toko online marketplace dan lalu kita memang sudah mengisi / melengkapi data profile akun kita (akun kita di toko online marketplace tersebut maksudnya) misalnya sudah mengisi nama jelas sesuai KTP, terus sudah mengisi alamat sesuai KTP dan lain-lainnya, termasuk sudah melengkapi data rekening bank kita, maka untuk urusan pembelian (urusan invoice) adalah akan terbuat serba otomatis, kita tinggal klik klik saja, nanti juga muncul sendiri invoice nya sesuai data profile yang pernah kita masukkan di profile akun toko online marketplace itu.

Jadi, harap berhati-hati jika ada penjual yang minta data kita yang katanya data kita itu untuk dibuatkan invoice nya.

Sekali lagi invoice di toko online marketplace itu dibuat atau terbuat di sisi pembeli dan hampir serba otomatis muncul (kalau kita memang sudah melengkapi data profile akun toko online marketplace itu). Jadi bukan dibuatkan oleh si penjual.

Inilah modus penjual / penipu tersebut :

1. Dia minta data lengkap kita buat bikin invoice bohongan, yang kemudian kalau sudah jadi si invoice bohongan dengan data kita tersebut, maka akan diperlihatkan ke kita berikut nomor rekening tujuan transfernya. Dan ya norek nya adalah memang resmi milik toko online marketplace tersebut, dan itu yang membuat calon pembeli menjadi percaya karena memang no rekening nya bukan no rekening pribadi dia tapi nomor rekening bank milik toko online marketplace.

2. Disaat yang sama, si penipu, eh si penjual juga membuat invoice asli dengan menggunakan akun lain punya dia, jadi barang yang dipesan kita itu dikirimnya bukan ke alamat kita tapi di kirim nya ke alamat dia-dia juga, tapi di bayar nya oleh kita… duh duh duh….

3. Alhasil, si penipu itu, duit kita akan di dapat, terus barang yang seharusnya dikirim ke alamat kita, eh malah balik lagi ke dia juga. Ini benar-benar mengelabui pihak kurir, yaa kurir sih memang nggak tahu apa-apa / ngak berurusan dengan itu kan, yang jelas dia ngirim barang ke alamat yang sesuai perintah.

Sebarkan informasi ini jika kamu kasihan ke orang lain, semoga korban penipuan dengan modus seperti diatas bisa menjadi terminimalisir, amin. (LV – PP).

Tags: #Invoice Palsu #Pelapak #Penipuan #Tokopedia