Belutpedia, Belajar Memahami Bagaimana Proses Pemijahan Ikan Belut Secara Alami di Sarangnya

Belutpedia, Belajar Memahami Bagaimana Proses Pemijahan Ikan Belut Secara Alami di Sarangnya

Langsung Viral com – Dengan serius, Tim LangsungViral.com Merangkum semua hal penting untuk Sukses Usaha Pemijahan Ikan Belut dari Telur Belut. Berikut ini adalah rangkumannya :

1. Di usia muda remaja (sekitar usia 3-6 bulan), belut akan berkelamin betina

2. Di sekitar usia 7 bulan belut akan mengalami kekosongan kelamin (banci), di masa ini belut akan sangat agresif bahkan kanibal

3. Menginjak usia sekitar 8 bulan (yaitu setelah bertelur), belut akan berganti kelamin menjadi jantan.

4. Belut jantan memiliki ciri bentuk kepala yang tumpul, sedangkan belut betina bentuk kepalanya runcing

5. Biasanya panjang badan belut jantan lebih dari 30 cm, sedangkan belut betina panjang badannya lebih pendek yaitu kurang dari 30 cm

6. Belut jantan dan belut betina juga bisa dikenali dari bentuk ekornya. Belut jantan memiliki bentuk ekor yang kurang lancip, sedangkan ekor belut betina sangat lancip.

7. Ketika usia dewasa, belut mulai kawin dengan cara mencari pasangan yang pas sesuai nalurinya. Biasanya ukuran belut jantan dan betina tidak terlalu beda jauh, hanya saja belut jantan terlihat lebih besar daripada belut betina. Sementara itu, belut jantan biasanya akan membuat sarang khusus untuk kawin, setelah mendapatkan pasangannya mereka akan kawin di sarang khusus bikinan belut jantan.

8. Setelah beberapa hari setelah proses perkawinan di sarang belut bikinan belut jantan, maka akan muncul buih busa warna putih kekuning-kuningan, lalu belut betina akan menyimpan telur-telurnya di gumpalan buih busa tersebut.

9. Selanjutnya telur-telur belut yang terdapat pada buih busa akan dijaga ketat oleh belut jantan, sedangkan belut betina akan pergi membuat sarang persembunyian baru.

10. Jadi yang menjaga telur-telur belut itu dan yang galak ketika ada yang mencoba mengganggu telur-telur belut itu adalah belut jantannya, bukan belut betina nya.

11. Sekitar 1-7 hari telur belut akan mulai menetas dan menjadi larva, pada saat tersebut belut jantan masih tetap siaga menjaga ketat telur dan larva belut di area sarang dia (belut jantan).

12. Lebih dari 7 hari, telur dan larva belut sudah menjadi benih belut lalu anak-anak belut itu sudah dilepaskan oleh belut jantan dan mencari makanan sendiri.

13. Belut bersifat kanibal artinya belut yang ukuran besar / kuat akan memakan belut yang ukuran kecil / lemah, jadi usahakan ukuran belut yang dipelihara di kolam kita usahakan sama besarnya (lakukan sortir) agar sistem kanibal berkurang).

Demikian yang bisa dirangkum oleh Tim LangsungViral.com – Data ini bersumber dari Cara Pembenihan Belut – Semoga ada manfaatnya. Amin. (LV – PP)

Tags: #Alami #Belajar #Belut #Belutpedia #Ikan Belut #Pedia #Pemijahan #Proses #Sarang