Hujan Deras dan Longsor, Lantai Rumah Warga di Leuwiseeng Sukaherang Singaparna Tasikmalaya Terendam Air

Hujan Deras dan Longsor, Lantai Rumah Warga di Leuwiseeng Sukaherang Singaparna Tasikmalaya Terendam Air

Langsung Viral com – Terjadi hari ini tanggal 28 November 2018, sekitar Jam 03.30 WIB di Kampung / Dusun Leuwiseeng Rt.04 Rw.09, Desa Sukaherang, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Diketahui lantai Rumah Warga yang tergenang air bah dari meluapnya Air Deras Solokan adalah Rumah Ibu Kokom (48) dan Rumah Ibu Ekay (55).

Arus Air Selokan Tersumbat Material Longsor, Beberapa Lantai Rumah di Tasikmalaya Terendam Air

Air Hujan yang melewati Selokan yang ada di sebelah kedua rumah itu masuk ke Rumah disebabkan oleh Tingginya volume Air dari Hulu dan juga ditambah dengan terjadinya Longsor sebuah Pematang Kolam sehingga Material Longsor ikut menambah hambatan Arus Air, akibatnya air bah yang mengalir ke hilir menjadi tersendat dan lalu meluap belok masuk ke Rumah Warga yang dekat dengan selokan tersebut.

Sejak Subuh tadi, Warga Masyarakat termasuk tampak Hadir Ketua RT.03 RW.09 Bapak Entoh Toharudin, Ketua RT dari RW.10 Bapak Nana, dan juga ikut terjun langsung membantu pembersihan material longsor yang menyumbat laju air di solokan yaitu Bapak Kepala Desa Sukaherang, Bpk. Nana Heryana.

Ketika kami tiba di lokasi kejadian, pergerakan air sudah cukup stabil dapat dikendalikan, tidak seperti awal mula ketika kejadian (Pukul 03.30 WIB) dimana air Bah dari selokan tumpah ruah masuk ke dalam rumah Warga.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian musibah tersebut, hanya kerugian Materi saja karena banyak barang-barang di dalam rumah (yang kebetulan posisinya ada di lantai atau di tempat kurang tinggi) menjadi terendam air bah, termasuk beberapa Karung isi Padi hasil “Gacong” (Sunda) yaitu hasil Buruh Tani menjadi Basah dan bercampur lumpur.

Kami telah merekamnya di video diatas, silahkan disimak. (LV – PP)

Tags: #Air #Deras #Hujan #Lantai #Leuwiseeng #Longsor #Rumah #Singaparna #Sukaherang #Tasikmalaya #Warga