Aquaponik, Penghasil Sayuran Organik Sekaligus Penghasil Ikan Segar dari Rumah Sendiri

Aquaponik, Penghasil Sayuran Organik Sekaligus Penghasil Ikan Segar dari Rumah Sendiri

Langsung Viral com – Teman-teman tentunya sudah tidak asing dengan penampakan Jualan Sayuran Organik yang suka dipajang di Supermarket-Supermarket Ternama dan Besar, bukan?

Saat ini, Istilah Sayuran Organik adalah sedang banyak dibicarakan orang, itu karena memang hal kualitas nya yang lebih baik daripada Sayuran Biasa.

Sayuran Organik adalah Sayuran dimana ketika ditanamnya adalah tidak menggunakan Pupuk Kimia dan Tidak disemprot Pestisida, sebagaimana sudah dipahami banyak orang bahwasannya ada Dampak Pupuk Kimia dan juga Dampak dari Pestisida adalah kurang baik untuk Tubuh Manusia, sedangkan Sayuran yang Organik adalah sangat steril dan terbebas dari Pupuk Kimia dan Terbebas pula dari Pestisida.

Salah-satu cara paling bagus untuk bisa menghasilkan Sayuran Organik adalah dengan cara Aquaponik. Apa Itu Aquaponik? – Aquaponik adalah Cara Bertani Menanam Sayuran Organik Sekaligus Memelihara Ikan dalam Satu tempat, Satu waktu. Sehingga dalam kesempatan yang sama nanti panen nya ada dua, yaitu panen sayuran dan juga panen ikan.

Beberapa kelebihan dari Sistem Bercocok tanam / menanam sayuran organik sekaligus memelihara ikan dalam satu tempat yang sama dengan menggunakan cara Aquaponik ini adalah :

(1) Penggunaan Air menjadi Jauh lebih Efisien, karena air akan disirkulasi secara alami. Air dari Kolam Ikan akan ditarik dan masuk ke Area Kebun Sayuran / air akan masuk ke media sayuran lalu akan dikembalikan lagi ke kolam ikan.

(2) Tanaman Sayuran dengan Sistem Aquaponik juga tidak memerlukan Pupuk Kimia karena dari Nutrisi untuk Tanaman Sayuran adalah sudah cukup dari kotoran ikan saja yang tentunya sudah terurai oleh Mikroba pada Media Tanam Sayuran tersebut.

(3) Sistem Kebun Sayuran dengan Cara Aquaponik juga Tidak perlu adanya Pengolahan Lahan sebagaimana Pengolahan Lahan pada cara Bertanam Sayuran Konvensional

(4) Produk Sayuran yang dihasilkan oleh Sistem Aquaponik adalah Lebih Bersih dan Lebih Sehat karena Tidak Mengandung Efek Negatif Pupuk Kimia dan Tidak Terkena Efek Negatif Obat Pestisida. Jadi sangat alami.

Lalu Bagaimana Cara Kerja Aquaponik?, Jenis Tanaman apa yang cocok untuk Sistem Tanaman Aquaponik?, bagaimana juga dengan Media Tanam Aquaponik?, teman-teman bisa menyimak video diatas. (LV – PP)

Tags: #Aquaponik #Ikan #Organik #Rumah #Sayuran #Segar