Arli Kurnia : 7 Faktor yang Bisa Menyebabkan Bangkrutnya Suatu Usaha

174 views

Arli Kurnia, 7 Faktor yang Bisa Menyebabkan Bangkrutnya Suatu Usaha

Langsung Viral com – Entrepreneur Muda Indonesia Arli Kurnia menjelaskan ada 7 (tujuh) hal yang dapat menyebabkan sebuah usaha bisa bangkrut. Apa saja itu?

Diulas dalam video siaran langsung nya selama lebih kurang durasi 17 Menit di youtube, mas Arli Kurnia menjelaskannya kepada kita semua, yaitu :

1. Hutang

Masalah Hutang menjadi Nomor Satu yang menyebabkan Hancurnya suatu usaha jika si pengusaha tersebut tidak bisa mengatur dengan baik kondisi hutang tersebut.

Hutang disini adalah hutang ke Bank atau Penyedia Modal lainnya, misalnya ke Rentenir. Ada yang mensifati begini untuk hal Rentenir yaitu : “Ngasih Pinjaman Belaga Pahlawan, Giliran Tagihan Galak Kaya Setan”, haha, jadi saran janganlah terlibat hutang yang besar, apalagi Hutang ke Rentenir.

2. Pemasaran

Urutan kedua adalah hal Pemasaran. Sistem pemasaran yang kurang baik dan kurang aktif, tidak responsive dalam melayani pelanggan dan juga tidak cepat tepat dalam lini produksi produk adalah menjadi peluang bangkrut nya suatu produk usaha. Ingat, Orang-orang bagian Pemasaran itu laksana Busur Panah yang selalu siap untuk dilepaskan setiap saat dibutuhkan kepada target sasaran, jangan anggap sepele bagian pemasaran atau Sales ini. Seorang Pengusaha Harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan bagian pemasaran tersebut.

3. Pengelolaan Karyawan, Karyawan Tidak Punya SOP yang Jelas

Misalnya kasusnya begini, karena karyawan yang diangkat tersebut adalah dari Keluarga sendiri, maka si pengusaha merasa canggung dan segan dan sebagainya, sehingga Tugas Karyawan menjadi tidak teratur. Karyawan kerjanya jadi asal-asalan dan tidak punya target, jadinya asal kerja saja dan asal di akhir bulan dapat gajian saja. Ini sangat tidak benar, karyawan yang tidak memiliki SOP dan tidak memiliki etos kerja yang baik adalah sangat membahayakan perusahaan, karena perusahaan akan merugi membayar orang tersebut, sedangkan kerja nya asal-asalan.

Jadi, saran saya, lakukan seleksi ketat untuk pengangkatan pegawai, tidak peduli itu Saudara kita, teman kita dan lain-lain, jika yang bersangkutan memang memiliki kinerja bagus maka angkat, jika tidak maka jangan segan-segan untuk mengatakan “Maaf, tidak”.

4. Bocornya Keuangan

Keuangan Perusahaan biasanya akan menjadi kacau jika yang mengelola keuangan adalah tidak memisahkan mana uang pribadi, mana uang perusahaan. Dan juga tidak bisa memilih dan menentukan mana hal yang urgent harus dibeli mana yang bisa diminimalisir biaya operasionalnya. Sehingga ini kembali ke kualitas SDM di perusahaan tersebut.

5. Tidak Mengikuti Perkembangan Zaman / Teknologi

Sepuluh tahun terakhir ini, Teknologi dan tatanan kehidupan manusia terus berubah dengan sangat cepat, jika suatu perusahaan tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, maka sangat jelas sekali bahwa perusahaan tersebut akan hancur dan runtuh, bangkrut. Jika perusahaan ingin terus maju sesuai kemajuan zaman, maka ikutilah trend yang sedang berlangsung.

6. Kesengajaan

Ini biasanya berlaku untuk perusahaan yang besar dan sudah bermain saham, Artinya perusahaan tersebut sudah dihargai dengan sistem saham. Bisa saja tiba-tiba dengan sengaja oleh orang tertentu di dalam intern perusahaan tersebut, si usaha dibuat oleng, kacau dan tidak berdaya sehingga saham perusahaan tersebut merosot tajam dan banyak pemegang saham menjual saham perusahaan tersebut karena disangka akan bangkrut dan hancur, maka si orang yang membuat kacau perusahaan tersebut membeli saham-saham yang orang lain jual. Ketika saham-saham sudah dimilikinya, sedang secara berkala orang tersebut membuat bagus lagi kinerja perusahaan. Ini adalah cara yang licik dan menurut saya tidak baik. Jika kita ingat dosa, maka bisa saja itu adalah suatu pekerjaan Dosa. Jika teman-teman mempercayai akan hal tersebut.

7. Takdir

Tidak perlu dibahas untuk hal Takdir, karena itu ketentuan final dari Allah SWT. (LV – PP)

Tags: #Arli Kurnia #Bangkrut #Faktor #Usaha