by

Bandung Jakarta Cukup 18 Menit saja Naik Kendaraan ini, Jadi Ingin Nyoba ih…

-Berita-15 views

Bandung Jakarta Cukup 18 Menit saja Naik Kendaraan ini, Jadi Ingin Nyoba ih...

LangsungViral.com – Diketahui Jarak Antara Kota Bandung ke Kota Jakarta adalah 150 Km, itu adalah jika seseorang menempuhnya melalui Jalan Tol Purbaleunyi dan Jalan Raya Pantura atau Jalan Tol Jakarta Cikampek (kata Google Map).

Jika menggunakan kendaraan normal yaitu mobil biasa dengan kecepatan normal pula, maka dari Bandung ke Jakarta akan membutuhkan waktu sekitar 3 Jam 1 Menit (kata Google Map juga tuh teman).

Lalu apa jadinya jika suatu ketika nanti, ada sistem kendaraan yang bisa lebih cepat mobilitas nya? seperti yang saya ketik di Judul Artikel bahwa ada kendaraan dimana untuk menuju ke Jakarta dari bandung adalah cukup dengan waktu 18 Menit saja, Wow.. Wow.. wow.. !!! heheh…

Iya beneran itu teman, akan cuma sekitar 18 menit saja kalau menggunakan kendaraan Kereta Maglev asal Jepang ini. Itu merupakan Kereta Magnet. Kereta maglev sendiri adalah kependekan dari Magnetically levitated trains, atau kita di Indonesia menyebutnya Kereta Api Levitasi Magnetik, lalu menyingkatnya lagi jadi Kereta Api Magnet atau Kereta Magnet. Orang China dan Jepang menyebut nya “AeroTrain”.

Disebutkan di Wikipedia bahwa Kereta Api Magnet ini adalah mengambang di atas rel, karena ada Magnet yang berlawanan antara magnet di Kereta Api dengan Rel Kereta nya, jadi bisa teman-teman bayangkan betapa empuk nya Kereta Api Magnet ini ya, hehe. Jadi, Kereta ini mengambang sekitar 10 mm di atas Rel nya karena ada magnet yang bertolak belakang tersebut.

Hebat nya lagi, penggerak kereta magnet ini ya dengan sistem Magnet untuk mendorong si kereta untuk melaju. Kereta Api Magnet saat ini terus dikembangkan di negara-negara Maju seperti Tiongkok (China), Jepang, Perancis, Amerika, dan Jerman.

Tidak mudah untuk pengadaan infrastruktur jalan / rel kereta api magnet ini, artinya biaya nya mahal teman, maka sampai tahun 2015 lalu, cuma baru dua buah yang sudah mampu membuat jalur rel kereta api magnet ini yaitu di Tiongkok China dengan nama jalur “Shanghai Transrapid” dan di jalur kereta magnet “Linimo” di Jepang.

Judul di atas, hanya ilustrasi saja bahwa jika Kereta Api Magnet – AeroTrain, ada di Indonesia dan jika misalnya salah-satu rel nya membentang dari Bandung ke Jakarta, maka waktu tempuh dari Bandung ke Jakarta akan sangat cepat yaitu cuma 18 menit saja. Luar biasa bukan ?!

Demikian semoga menginspirasi semua pihak (LV – PP).

News Feed