VIRAL: Bensin Mahal, Siswa-siswa SMK ini Ciptakan Motor Berbahan Bakar Air

175 views

VIRAL: Bensin Mahal, Siswa-siswa SMK ini Ciptakan Motor Berbahan Bakar Air

LangsungViral.com – Adalah Siswa-siswa SMK Teknologi Balung, Jember yang menciptakan atau memodifikasi Sepeda Motor dari Motor berbahan bakar bensin sekarang menjadi berbahan bakar Air. Koq Bisa?

Saya juga baru tahu Om. Katanya, setelah di modif, sepeda motor itu bisa sanggup lari dengan kecepatan 40 Km / Jam. Dan motor yang dimodif itu baru bisa dari Motor 4 Tax.

Mau tahu sistem kerjanya?, agar penasaran ; tidak saya jelaskan di tulisan ini, Om Langsung saja tonton videonya.

Beberapa komentar Netizen yang menghiasi Berita Viral yang di unggah oleh akun resmi CNN Indonesia – di unggah pada 25 Mei 2016, sebagai berikut:

smuanya pada pinter 2 komenya.. tapi sayang tidak pinter menghargai dan memberi apresiasi.. – Nuril Zhurial

jangan hanya karena ini dibuat oleh anak SMK Jember, terus dibilang pembodohan.. kemudian baru percaya setelah ada bule yang bikin sama. Jangan dong.. Coba search “water fuel” atau “hho” terus liat berbagai video air dimanfaatkan sebagai bahan bakar…. Selamat buat siswa dan guru SMK Teknologi Balung, Jember. Semoga bisa dikembangkan lebih lanjut dan bermanfaat bagi masyarakat! – thinkelel

ini ga akan berhasil dan sukses karena akan membuat para pengusaha minyak ketakutan akan bangkrut jika memang mesin ini di pakai untuk umum. sama hal nya seperti kasus ogle carburator..karbu paling irit di dunia yang jauh lebih irit dibandingkan mesin injeksi.ogle carburator hanya menggunakan 1 liter bbm bisa tembus hingga 42km. dan itu membuat para pengusaha minyak ketakutan akan kebangkrutan. dan akhirnya pun penemu ogle carburator dibunuh – m fiqri indra sentana

bawa di luar ngri aja di indo gk di hargai – pairi tika

matahari dan air adalah karunia Tuhan , saatnya manusia ngga perlu serakah menjual minyak hanya sebagai bahan baku energi kita yang cuma bikin boros, polusi dan merusak alam – andi effendi

cerdas – Black Label

knp g d produksi masal ? – Isbie Iskandar

Kembangkan Bang … Tetapi Hati Hati Dengan Elit Global… – ARYA SATRIA

4 tahun yang lalu udah ada yang ciptain min..di smk negeri 1 purworejo – V FORCE

masih menggunakan aki untuk memisahkan hidrogen dari air. efesiensi nya gimana? listrik di aki dari mana? colok ke pln?pln dari mana? bakar batubara? – Sissy Imoet

begini teorinya yg bilang pembodohan, air itu rumus kimianya H2O, ada dua unsur hidrogen dan oksigen, kedua unsur tersebut bisa di pecah atau di pisah dengan hidrolisa,terbentuklah gas hidrogen dan oksigen, hidrogen sangat mudah terbakar, sedang oksigen di butuhkan dalam pembakaran,,dalam hidrolisa perlu battery atau akki, jadi masih bilang pembodogan? buka lagi buku Kimia nya tentang hidrolisa – PAIJO

sudah sejak lama manusia mampu membuat energi dari matahari dan air yang gratis tapi sayangnya keserakahan sebagian manusia menutupinya – andi effendi

la ini harus di perkembangkan oleh pemerintah. ini penemuan ajaib. harus di produksi massal – Zaenal Abidin

teori tinggal teori…nyatanya di jember motor ya masih pake bbm….huuffff. – tohirinbaent 212

pemerintah dukung lah anak bangsa yang memberikan inovasi karya lokal. indonesia lebih maju – Yuliant Channel

coba yg kayak gini pemerinth turun tangan. – Ind Yu

mna dukunganx pk narsoo haaw – alfan jember

Percuma Saja Semua Itu Hanya Gempar Dimedia Sosial . – Rudy Tabuty

hebat memang karya anak negeri – wanto Farhat

kerenn ini… perlu di dikembangkan lagi – tsani cool

SMK BISA – Dzaky Haidar Mashuri

wah hebat ni lanjut kan mas bro – Arief Rahman

tingkatkan – Sam Hp

Tuhh… Anak sekolah menengah aja tahu..
Masak yg sekolah di perminyakan nggak tahu…
Ini temuan berbahaya, kalau sektor hulu migas sampe tahu bisa jadi mereka akan berubah haluan menjadi explorasi low acid water kwwkk… Harga minyak dunia bakal anjlok..
Nggak ada lagi istilah oil spill di laut..
Nggak ada lagi dunia O&G…
Tapi entar airnya cepet habis donk..
Btw, itu sisa hasil pembakaran udah diteliti belum yaa…? – Andy Yulianto

sayang pemerintahan kita selalu membela negara lain hasil karya anak bangsa selallu di sembunyikan dari dunia… – rosyida cyg mamah

itu masa depan – Wahyu Game

tingkatkan bos majo tros mojopahit mndukungmu – Diky Nori

Yang komen sok pintar di atas itu udah bisa bikin karya melebihi itu gk??
Kalau udah bisa bikin yang lebih hebat ya wajar kalian komen,tapi kalau belum lebih baik diem aja,kalau ngk mau di bodohi ya jangan tonton – Ramli Ahmad

Mantap karya bangsa indonesia. Teruskan pembuatan nya. Biar bisa di perjual belikan di kalangan masyarakat. Dan di manfaatkn – Firman Syah

ini bukan cuman air doank tapi pake baterai air kabel dll – Tama Zpinter

ya elah bro kan judulnya sepeda motor berbahan bakar air karya siswa knp hrs ribut2 ini kan cm praktikum dr teori ke praktek. hrsnya hal2 spt kt lbh sering krn dg begitu akan ada temuan ide br dr percobaan tsbt. negara lain uda bs terbang kt msh aja saling hujat. maju trs adek2 siswa di jember. Indonesia pasti bs – Ramat Hidayat

yang komentar pada sok pintar..belum tentu kalian bisa membuatnya..setidaknya lebih hebat mereka dari pada kalian yang bisanya cuma komentar tpi hasilnya nihil – Andry pratama

ora percoyo aq – azis ndut

Gas Hidrogen (H2), telah lama digembar-gemborkan sebagai bahan bakar alternatif yang bebas emisi dan bebas polusi, serta merupakan salah satu solusi atas semakin menipisnya ketersediaan bahan baku fosil di dalam bumi. Reaksi pembakaran hidrogen dengan oksigen, diyakini hanya akan menghasilkan produk air (H2O) dan energi saja, yang aman bagi lingkungan, berbeda dengan bahan bakar fosil (hidrokarbon) yang hasil pembakarannya dengan oksigen akan menghasilkan gas-gas berbahaya yang dapat menyebabkan polusi, pemanasan global, dan dapat meracuni sistem pernafasan makhluk hidup, seperti gas karbondioksida (CO2) dan gas karbonmonoksida (CO). Sampai saat ini, sebagian besar gas hidrogen (~95% produksi) dihasilkan dari bahan baku fosil (gas alam), menggunakan metode steam reforming. Proses steam reforming ini memanfaatkan steam (uap air) dalam temperatur tinggi (700 – 1100 ⁰C) yang direaksikan dengan gas alam, dalam hal ini adalah gas metana, di dalam suatu alat yang bernama reformer, dimana di dalamnya terdapat butiran-butiran katalis dari bahan logam nikel (katalis adalah elemen non-reaktif/tidak dapat bereaksi yang dapat mempercepat jalannya suatu reaksi kimia). Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut : CH4 + H2O ⇌ CO + 3 H2. Dimana, metode ini tetap menggunakan bahan baku fosil, yang merupakan bahan baku non-renewable dan dapat menyebabkan polusi, serta pemanasan global. Dalam tulisan ini, penulis akan membahas mengenai penelitian terbaru mengenai cara untuk memproduksi gas hidrogen dengan menggunakan larutan elektrolit air (water splitter), yaitu dengan memanfaatkan proses elektrolisis air dengan menggunakan katalis tunggal yang lebih hemat dan efisien. Proses elektrolisis air konvensional biasanya menggunakan dua jenis katalis yang ditanamkan di dalam dua elektroda (positif dan negatif) dan dimasukkan ke dalam larutan elektrolit air, kemudian dialirkan listrik bertegangan rendah ke kedua elektroda-nya, sehingga terjadi reaksi katalisis, yang menyebabkan terpisahnya molekul air di dalam elektrolit air, menjadi gelembung hidrogen (H2) dan gelembung oksigen (O2) yang akan bergerak menuju masing-masing elektroda-nya (anoda dan katoda). Dua jenis katalis yang digunakan pada elektrolisis air konvensional ini biasanya adalah platinum dan iridium, yang cukup langka dan mahal harganya. Namun baru-baru ini, para peneliti dari Stanford University yang dipimpin oleh Haotian Wang, telah mengembangkan water splitter yang lebih murah dan efisien, yaitu dengan hanya menggunakan satu katalis saja di dalam elektroda piranti elektrolisis-nya. Alih-alih elektrolisis air konvensional yang menggunakan dua jenis katalis untuk dua elektroda yang berbeda, percobaan ini hanya menggunakan satu jenis katalis untuk kedua elektroda-nya, dan katalis yang digunakan adalah terbuat dari oksida besi-nikel (nickel-iron oxide), yang lebih murah dan lebih mudah diperoleh. Keunggulan dari water splitter dengan satu jenis katalis ini, menurut Haotian Wang, selain lebih murah dan mudah diperoleh, adalah pertama proses elektrolisis air pada penelitian ini berlangsung lebih dari seminggu dalam menghasilkan gas hidrogen dengan pasokan listrik yang stabil dan relatif rendah, yaitu 1,5 volt. Hal ini berbeda dengan elektrolisis konvensional, yang menggunakan dua jenis katalis, yaitu membutuhkan pasokan listrik sebesar 1,56 volt pada awalnya dan setiap 30 jam penggunaan, tegangan listrik harus ditingkatkan sebesar 40% dari tegangan awal, agar proses elektrolisis bisa terus berlanjut. Keunggulan kedua adalah, proses elektrolisis air dari penelitian ini menggunakan satu jenis katalis yang sama untuk masing-masing elektroda, sehingga dapat menggunakan larutan elektrolit yang sama dengan pH yang sama pula, sehingga tidak dibutuhkan sekat-sekat antara larutan elektrolitnya. Sedangkan untuk elektrolisis air konvensional, katalis untuk reaksi oksigen dan katalis untuk reaksi hidrogen di setiap elektroda, masing-masing membutuhkan tambahan larutan elektrolit yang berbeda pH-nya (satu asam dan satu basa) untuk menjaganya agar tetap aktif dan stabil, sehingga dibutuhkan sekat-sekat antara larutan elektrolitnya. Penelitian ini masih terus dikembangkan untuk skala yang lebih besar, mengingat dalam percobaan ini masih dilakukan dalam skala laboratorium. Namun menurut penulis, telah ada kemajuan dalam penemuan katalis yang dapat digunakan untuk kedua reaksi (oksigen dan hidrogen), yaitu oksida logam besi-nikel. – ESTU MDA ST UGM

Elektrolisis air adalah peristiwa penguraian senyawa air (H2O) menjadi oksigen (O2) dan hidrogen gas (H2) dengan menggunakan arus listrik yang melalui air tersebut. Pada katode, dua molekul air bereaksi dengan menangkap dua elektron, tereduksi menjadi gas H2 dan ion hidrokida (OH-). Sementara itu pada anode, dua molekul air lain terurai menjadi gas oksigen (O2), melepaskan 4 ion H+ serta mengalirkan elektron ke katode. Ion H+ dan OH- mengalami netralisasi sehingga terbentuk kembali beberapa molekul air. Reaksi keseluruhan yang setara dari elektrolisis air dapat dituliskan sebagai berikut.
{\displaystyle {\mbox{ }}2H_{2}O(l)\rightarrow 2H_{2}(g)+O_{2}(g)\,} {\displaystyle {\mbox{ }}2H_{2}O(l)\rightarrow 2H_{2}(g)+O_{2}(g)\,}
Gas hidrogen dan oksigen yang dihasilkan dari reaksi ini membentuk gelembung pada elektrode dan dapat dikumpulkan. Prinsip ini kemudian dimanfaatkan untuk menghasilkan hidrogen dan hidrogen peroksida (H2O2) yang dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan hidrogen. – ESTU MDA ST UGM

Misal semua kendaraan pake bahan bkr air pasti akan Merugikan Penambang minyak.. krna minyak udah ga laku – Resti Setianingrum

ok mantap mas bro – Smg We

ga akan di kembangkan bro..pihak sebelah bisa bangkrut nanti krna penemuan kalian…siap2 di jegal – Sunli Agustino

hebat nkri .semga bisa bngsa menglahkn ngrara lain. – Ilmi 1452

Seharusnya yg punya otak kayak gini itu negara memberi pasilitas supaya lebih berkembang tapi kok rata2 gak ada respon dari pemerintah padahal kalau yg kayak gitu itu yg nantinya bisa bawa negara maju . Yg ada ribut tender proyek dan bagi2 komisi dan korupsi – Tes Dua

apa rela pengusaha BBM jika benar2 di aplikasikan BBA – Juragan Kopi

Smart.!! upgrade Lagi Kawan karyamu! – El_ Nino

Yg kaya gini ini nggak bakal di undang ke istana – CAMPUR BAUR CHANNEL

masukkk..bro – Jangan Sesali

Mantap Mas. Teruskan risetnya sampai jadi. Asal jagn jadi mobil Esemka aja. Takutnya jadi asemm benern. – Irpan Irawan

penemuan sekecil apapun harus dikasih apresiasi,baik itu berhasil atau ngga nya tak jadi masalah,,yg penting sudh ada usaha..dan bukti..bukan omdo..indonesia hebat.. – D’ANTO MOTOVLOG

mantap.. semoga bisa di industri, sehingga kita tdk bergantungan dgn minyak, dan bisa mengurangi polusi. – Andri Awan

Hebat tu, perlu diperhatikan agar berdampak positif utk lingkungan – Eben Bangngu

ini hrsnya di dukung pemerintah…karya anak bangsa.. – Ngurah Subawa

Mantap – desra chanel

mantan sekolah gue – Rhendis Adimas

Mantaf…… – Dejon Jon

saya dukung anda 100% – PERRI RAPLI

Kalao gitu enak ga usah minta ijin cuman merubah tadinya sama bensin sekarang pake air – Edi Hermawan

nah ini ,, pemerintah supaya lebih perhatian,,krenn luar biasa – bebek bawel

Padahal rakyat Indonesia pada pinter tapi sayang pemerintah tidak mendukung terus dipikiran pemerintah cuman uang jadi kalaw ga ada ijin pasti digerebeg terus diancurin sama aparat jadi Indonesia ga bakalan maju – Edi Hermawan

nga di jelasin, cara kerja’y gi mana??? secara air kan tidak bisa terbakar,!! kirain mesin’y udah ganti, pake mesin husus. ternyata masih mesin. – Fitri Aminatur

iya tapi gak mungkin bisa langgeng lah negara juga gak bakalan mendukung jugaa..
dlu ilmuwan Amerika nemuin lebih dlu dan di musnakan karna akan menghancurkan. prusahaan 2 minyak dunia.. dan penemunya di isolir..
bayangkan ajah klo ini bisa di kembangkan berapa juta tenaga kerja pertamina yg di phk. sedangkan pajak dari pertamina beratus triliun…
iyaa… ini realita. dari penemuan yg lebih real seperti tenaga listrik surya ajah dunia tidak mengembangkan… karna perusahaan minya dunia arab Qatar dan timur tengah bisa terancam.. – Evan Resky

Kok susah bnget sih skrang …riset ini..riset itu… pdhal kuda msih bnyk ..tnggl d ternkin trs buat kreta kuda.. bs branak lg!! Bisa d mkn..biaya murah..ramah lingkungan..ktronya jd pupuk gk erosi..bisa cri mkn sndri..bs mnmph prjlanan berhari!!! Coba bndngin lbh untng mn??? – Alex Yakop

coba bikinya pakai solar panel – Aliung Aliung

Ayo INDONESIA berjuang untuk menjadi nomor 1 di dunia – RIAN SapuJagad

ribet… pk bensin tinggal gas poolll… – Anto Prie

hrs pke aki /listrik jg ya? di kira cm air aja.. ,tp salut lah bisa ciptain wlu kita msh terbelakang.. di luar sana udh ada yg ciptain sbnr nya. krn kita kurang tau.. – Asep Januri

mantap teruskan kreasimu indonesiaku – Azwar Fahri

Ga bakalan tu berkembang..ente mau kemanain cukong cukong minyak di negri ini,..? – jon pendri

mantap – sniper cunhgkring

cantik – Ely Waty

bukan hal yg baru, tuh aki gak akan kuat 10kilometer untuk menghasilkan hydrogen yg mampu mensuplay mesin. banyak sekali rugi dayanya, mesin akan berkerak karena pembakaran hydrogen menghasilkan uap air. mending dari aki langsung ke motor listrik, malah bisa sampe 20kilometer – UD boto abang

Hanya saja kalau ini dikembangkang tambang minyak bisa bangkrut dan itu tidak baik untuk kestabilan dunia hehehe – Ari Akrami

alhmdllh .. anak skrg pinter” q jg mau nyoba pkai bhan bkar air kencing tp lom ketemu caranya – andra lyan

Keren – Um May

Seketika yg komen ngerti tentang mekanik semua … – Veri Riandhika

Yg komen jelek karna iri, semangat terus dek, kembangkan kreatifitasnya – Harry Victor

gk bakal di pakek to penemuan. soal.a bakal miskin org yg d atas… – fajar amrullah

jozzz!! – Thika Kartika

uda indonesia kaya dengan uranium…..mending pakai uranium aja….sebagai bahan bakar nuklir – Ginda Aja

Pasti akan dicekal sm pertamina.. – oziel putra

Hoax – azis ndut

berbahan kayu bakar lama” – Rocky_Vision

ini ada lagi yg pintar jual lagi ya indonesia seperti bapak habibi dulu. kalau udah sepeeti ini gk di kebang kan di dalam nengri ..ntah mau jadi apa indonesia mukin ingin tetap miskin – calon petani berdasi

Klo kg di lirik petinggi negara kita, kasian mereka – Itsmeiniaku Miku

amazing – yusuf andika

bentar lagi kecolongan tu – NIGHT CORE

Maju terus jember – Bayu AW

ribet – Akbar lubis

pemerintah yg tidak menghargai cb dbantu dana biar bs bikin alat aecara masal dpatenkan pula – Adi Permadi

mantapp – AndiKaraeng Aesdhin

Kerennnnn… – pedro 0628

mantapp – Borot Kincit

andaikan pemerintah berkomitmen mandiri(BERDIKARI)… – wawan s

jangan pernah lht siapa yg menyampaikan, tp lihat APA yg disampaikan.
maju terus anak” bangsa pemuda indonesia
jgn mau kalah sama negara lain. mereka bisa kita sdh pasti BISA – Aris doris

coba dibuat eco racing
dimana yg seperti ini baik air / surya / baterai dikenal dan diketahui – Agus Sururi

semoga tak dihilangkan karena pertamina dan mafia motor teriak – Agus Sururi

Keren. – Rendhy Ismunandar

harga soda api mahal apa gak?klo soda api lebih mahal dari bensin ya sama aja dngan bohong – panuroto elektun

hebattt ayo d modif lgi…biar gak pke bbm – Dasirin Sirin

sayang ga bisa air apa aja ya – Jai sanjaya Sanjaya

Sekarang mending produksi sendiri sendiri aja dulu. Kalo nunggu pabrik besar sama modal basar untuk mendanai proyek kayak gini mah ngak bakal ada. Soalnya bakal dihalangi sama korporasi minyak global. – Ali Akbar

Tinggal buat penampung listriknya yg lebih besar jd tahan lama – addoell nerro

Ilmunya Kita patut hargai tetapi kreatifnya nya yang harus laku di pasaran Jangan hanya kreatif kreatif terus – Abet AST

coba cari trobosan baru buat mesin dg magnet permanent… magnet di perkuat lagi dg listrik dari hasil putaran mesin itu sendiri… dan itu benarr2 akan free energi… – Mas Arifin

Kembangkan terus dek. Apalagi bensin udah mahal
Kalo bisa kecepatannya di tambah lagi. Jangan 40 aja – ASNA TV

Jadi namanya berbahan bakar air+ soda api. Kalau hanya air ya tidak bisa jalan. – Riznan alfarezel

Kalian yang pintar comment coba kalian yg pada comment tuh semua bisa buat kayak di karya mereka, padahal gak bisa juga kaliab buat sepeda motor berbahan bakar air jangankan itu saja masak aja gak bisa…. – liberty alexander

ini bagusloh ya, cuma akinya harus di charger ulang, jadi hampir hampir kayak motor listrik, bagus nih anak anak beneran, coba akinya ditaro tengah di bawah jok, terus akinya pake yg aki kering, jadi bisa agak miring dan gak khawatir air aki tumpah, terus tinggal dirapiin kabelnya, cetak bodynya pake fiber glass ke tukang modif, oh iya jangan lupa dikasih soket untuk charger aki dan isi airnya biar gakusah dibongkar body, terus dipake deh sehari2, lama lama ornag ngiri juga pasti – Mike Zz

penerus nikolai tesla – Achiles Stavros

di Indonesia banyak Otak kreatif
banyak penemuan2 &inovasi2 baru yang bisa mengubah prekonomian Negara
Tapi percuma Semua tak pernah di hargai tak pernah di kembangkan
hanya di expos sebentar lalu di lupakan
Contoh nya mobil ESEMKA yang sampai kini tak ada kabar nya
padahal sudah di janjikan akan di kembangkan oleh pak presinden – Flying Dutchman

Gimana, Om mau ikutan mendukung Karya Adek-adek Siswa SMK diatas? Langsung TKP ke sumber video nya saja (LV – PP)

Tags: #Air #Bahan Bakar #Bensin #Mahal #Motor #Siswa #SMK #Viral